Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan sistem pertanian organik memiliki potensi besar untuk dikembangkan karena produk masih terbatas dan permintaan terus meningkat.
 
Peneliti Ahli Madya Pusat Riset Koperasi, Korporasi, dan Ekonomi Kerakyatan BRIN Agus Wahyudi dalam pernyataan yang dikutip di Jakarta, Jumat, mengatakan produk organik Indonesia yang telah dikenal di pasar domestik dan internasional adalah beras organik, sayur organik, kopi organik, teh organik, coklat organik, dan rempah-rempah organik.

Baca juga: Kemendag: Indonesia punya potensi besar di pasar organik internasional

Baca juga: BRIN: Masyarakat kian tertarik produk pertanian organik

 
"Untuk pasar internasional, produknya masih terbatas pada produk non-perishable dan olahan. Potensi pertanian organik sangat besar, sehingga harus kita garap dengan baik," ujarnya.
 
Berdasarkan data statistik pertanian organik Indonesia pada tahun 2019, permintaan produk organik terbesar adalah sayuran yang mencapai 23 persen dan beras sekitar 21 persen, diikuti produk lainnya mulai dari buah-buahan, telur, susu, dan sebagainya.
 
Di luar negeri, permintaan konsumen terhadap produk pertanian organik juga terbilang tinggi.
 
Berdasarkan Asosiasi Perdagangan Organik (OTA), konsumsi produk organik di Amerika Serikat dan Eropa terus mengalami peningkatan dalam satu dekade terakhir.
 
Pada 2008, penjualan makanan organik di Amerika Serikat tercatat sebanyak 20 miliar dolar AS dan meningkatkan menjadi sekitar 57 miliar dolar AS pada tahun 2021.

Baca juga: Produk organik Indonesia miliki potensi besar di pasar Kanada

Baca juga: Produk organik Indonesia raup potensi transaksi sebesar Rp82,27 miliar
 
Sedangkan di Eropa, angka penjualan makanan organik sebesar 24 miliar dolar AS pada 2008 dan melesat menjadi 58 miliar dolar AS pada tahun 2021.
 
Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Holtikultura dan Perkebunan BRIN, Agus Kardinan menjelaskan bahwa ada tiga faktor yang melahirkan sistem pertanian organik, yaitu tumbuhnya kesadaran manusia terhadap lingkungan, protes residu bahan beracun pada produk pertanian, dan peluang pasar.
 
"Pertanian organik merupakan perpaduan dari tiga pilar pertanian masa depan, yaitu ekonomi (daya saing dan pendapatan), sosial (lapangan kerja dan kesehatan), dan lingkungan (biodiversitas dan pencemaran)," kata Kardinan.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023