Kairo (ANTARA) - Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouly mengumumkan bahwa seluruh kementerian akan pindah ke Ibu Kota Administratif Baru (New Administrative Capital/NAC) pada akhir Juni ini.

Menurut pernyataan pemerintah pada Rabu (7/6), beberapa kementerian sudah pindah ke distrik pemerintah di NAC yang terletak sekitar 50 km sebelah timur dari Kairo, ibu kota Mesir,

"Seluruh kementerian dan lembaga serta badan pemerintah yang ditunjuk bersama dengan staf mereka akan melanjutkan pekerjaan di kantor-kantor pusat kementerian mulai awal Juli," kata Madbouly dalam rapat kabinet.

Ibu Kota Administratif Baru Mesir dirancang untuk memindahkan lembaga-lembaga pemerintah utama dari Kairo yang kian padat dan overpopulasi.

Kairo saat ini merupakan rumah bagi sekitar seperlima dari 100 juta lebih penduduk negara itu.
 
Foto yang diabadikan pada 8 Juni 2023 ini menunjukkan gedung Sekretariat Kabinet Mesir di Ibu Kota Administratif Baru yang berlokasi sekitar 50 km sebelah timur Kairo (Xinhua/Ahmed Gomaa)
 
Foto yang diabadikan pada 8 Juni 2023 ini menunjukkan salah satu gedung pusat pemerintahan Mesir di Ibu Kota Administratif Baru yang berlokasi sekitar 50 km sebelah timur Kairo (Xinhua/Ahmed Gomaa)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023