Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) secara konsisten terus menggalakkan peningkatan jumlah wirausaha secara nasional salah satunya melalui penyelenggaraan Program Entrepreneur Hub di berbagai daerah termasuk di DKI Jakarta.

"Program Entrepreneur Hub Jakarta merupakan program kolaboratif bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM DKI Jakarta. Saya sampaikan apresiasi kepada Pemprov DKI beserta seluruh mitra pendukung atas terselenggaranya kegiatan ini,” kata Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis, Irwansyah Putra Panjaitan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Deputi Irwansyah menyampaikan Entrepreneur Hub kali ini sudah memasuki sesi V dan dilakukan Pitchdeck Design, Pitching for Entrepreneur, serta Investor Talks.

Setelah menjalani sesi ini, para peserta akan melakukan pemantapan Pitchdeck untuk memperoleh pembiayaan atau investasi, melalui mentoring intensif dan review oleh tim dari 5 kolaborator kampus.

"Pada pertemuan yang lalu di Universitas Mercu Buana, peserta telah mulai diperkenalkan dengan beberapa calon investor dalam program Entrepreneur Hub Jakarta, harapannya adalah ada sedikit gambaran bagi peserta untuk dapat lebih memantapkan pilihan pada akhir program ini, apakah mengakses pembiayaan, mencari investor, atau lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan, pada sesi kali ini, penyelenggara telah menghadirkan calon investor dan lembaga pembiayaan lainnya, untuk dapat berdiskusi lebih intensif dengan para peserta sehingga informasi mengenai skema pembiayaan dan investasi dapat tergali lebih dalam.

Tak lupa ia menekankan kepada para peserta bahwa hal paling penting dalam menggaet investor adalah materi terkait penyusunan pitchdeck. Para peserta diharapkan dapat mengelaborasi hal-hal terkait penyusunan pitchdeck yang menarik bagi investor atau founder.

"Mengapa penting? Karena sebaik apapun usaha atau prospek usaha peserta, jika tidak terkomunikasikan dengan baik, dengan pitchdeck yang baik maka message-nya tidak sampai kepada investor atau funder, sehingga peluang untuk memperoleh approval menjadi kecil," katanya.


Baca juga: KemenKopUKM : Entrepreneur Hub ikhtiar bentuk ekosistem kewirausahaan

Baca juga: MenKopUKM tekankan RI butuh banyak wirausaha dari kalangan mahasiswa


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023