Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik pada Jumat (9/6) menjadi sorotan, mulai dari pertemuan antara Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum Perindo Hary Tanoe (HT) sampai Presiden RI Joko Widodo memanggil Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto ke Istana.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. Megawati dan Hary Tanoe teken kerja sama politik Pemilu 2024

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum DPP Perindo Hary Tanoesoedibjo di Jakarta, Jumat, menandatangani nota kesepahaman (MoU) politik untuk Pemilu Serentak 2024.

Penandatanganan MoU itu dilakukan setelah Megawati bersama Hary Tanoe dan rombongannya melakukan pertemuan tertutup. Tampak Megawati dan Hary Tanoe mulanya duduk di kursi, lalu berjalan bersama menuju panggung utama. Di sana sudah tersedia meja dan dokumen untuk diteken.

Selengkapnya baca di sini.

2. Mahfud MD soal masuk radar cawapres Ganjar: Biasa saja

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengaku biasa saja ketika namanya masuk menjadi salah satu bursa bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi bakal calon presiden (capres) RI Ganjar Pranowo.

Hal itu disampaikan menanggapi awak media yang menanyakan apakah dirinya kaget dengan informasi tersebut.

Selengkapnya baca di sini.

3. Jokowi panggil Prabowo menghadap di Istana pada Jumat sore

Presiden RI Joko Widodo memanggil Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk menghadap di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat sore.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden RI Bey Machmudin mengkonfirmasi hal tersebut, tetapi tak berkenan mengungkapkan isi pertemuan.

Selengkapnya baca di sini.

4. Sandiaga bantah hasut PKS keluar dari KPP

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menepis tudingan dirinya menghasut Partai Keadilan Sejahtera (PKS) agar keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

"Enggak sama sekali. Saya bilang kalau koalisi perubahan sudah sepakat dengan capres-cawapres dan semua pembagian-nya ke depan, dengan juga kekuatan dari dukungan, saya ikhlas," kata Sandiaga di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

5. Ganjar yakin menang satu putaran di Pilpres 2024

Bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo menyatakan dirinya meyakini bakal memenangkan pemilihan presiden (pilpres) hanya dalam satu putaran di tahun 2024.

Hal itu disampaikan Ganjar usai mendapat dukungan resmi dari Partai Perindo sebagai capres 2024 di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023