Sebaiknya Ibu Mega tidak maju lagi
Palembang (ANTARA News) - Politisi senior PDI Perjuangan Taufiq Kiemas menyatakan, partai ini memiliki banyak bakal calon presiden untuk Pemilu 2014, sehingga semua kader dan simpatisan tidak perlu khawatir.

"PDIP memiliki banyak calon presiden," kata Taufiq Kiemas kepada wartawan di Palembang, Rabu, menjelang keberangkatannya kembali ke Jakarta.

Ia berada di Palembang selama tiga hari sejak Senin (11/2) untuk menghadiri acara cerdas cermat antarpelajar SLA se-Sumatera Selatan tentang Empat Pilar dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Taufiq menilai persaingan diantara para calon bakal presiden itu akan berlangsung ketat terutama yang berasal dari tokoh-tokoh muda.

Ketika ditanya tentang calon-calon potensial dari PDIP, Taufiq antara lain menyebut nama Pramono Anung yang saat ini menjadi Wakil Ketua DPR .

Namun ketika wartawan menyebut-nyebut nama Puan Maharni, ia pun menjawab, "Jangan-jangan nanti dia disebut karena anak saya dan Ibu Megawati".

Sebelumnya, Taufiq juga menyatakan sebaiknya Megawati tidak maju lagi dalam pilpres antara lain karena faktor usia dan juga sudah banyaknya tokoh- tokoh muda yang potensial.

Dikotomi

Sementara itu, Puan Maharni pada Selasa di Palembang, juga ditanya tentang calon presiden dari PDIP.
Puan yang sekarang merupakan anggota DPR dari Fraksi PDIP juga hadir di Palembang sebagai juri lomba cerdas cermat itu.

"Hal itu bergantung kepada hasil rapat koordinasi nasional atau rakornas dan juga Ketua Umum PDIP," kata Puan.

Ia hanya menyatakan sebaiknya masyarakat tidak melakukan dikotomi atau membeda-bedakan secara kaku antara tokoh muda dengan politisi senior dalam memasuki pesta demokrasi tahun mendatang.

"PDIP tidak melakukan dikotomi antara tokoh muda dan senior," kata putri sulung Taufik dan Megawati Soekarnoputri itu.

Saat ditanya tentang peluang bagi dirinya, Puan berujar, "Kita tunggu hasil rakornas dan putusan Ketua Umum PDI Perjuangan".

(A011/E001)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013