Pengusaha bersiap relokasi ke Jawa Tengah, belasan ribu di-PHK

Pengusaha bersiap relokasi ke Jawa Tengah, belasan ribu di-PHK

Sejumlah buruh dari Aliansi Gerakan Buruh Berjuang berjalan sambil membentangkan spanduk menuntut pemberlakuan UMP Jawa Tengah, di Semarang, Jateng, Rabu (14/11). Mereka mendukung pemerintahan setempat memberlakukan segera UMP Provinsi itu. (FOTO ANTARA/R. Rekotomo)

... sudah pasti di-PHK kurang lebih 15.000 orang... "
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia, Sofjan Wanandi, mengatakan, saat ini sudah banyak pengusaha dalam negeri bersiap merelokasi usaha mereka ke Jawa Tengah. Satu pendorong relokasi ke Jawa Tengah adalah UMP Jawa Barat yang makin tinggi.

"Untuk dalam negeri sudah ada yang akan menyatakan relokasi usaha ke Jawa Tengah, dan saat ini masih melakukan persiapan-persiapan," kata Wanandi, di Jakarta, Selasa.

Persiapan termasuk mencari lahan dan pembangunan pabrik baru, namun tidak kalah penting mempersiapkan pesangon para pekerja yang akan diberhentikan di Jabodetabek. "Pesangon itu menjadi masalah, saat ini mereka masih mengumpulkan dan tersebut," kata dia.

Untuk melakukan relokasi membutuhkan waktu tidak sebentar, diperkirakan dalam waktu satu tahun bisa terlaksana.

Khusus UMP, terkhusus di Jawa Barat, Wanandi menegaskan akan ada PHK cukup banyak. "Yang sudah pasti di-PHK kurang lebih 15.000 orang, dan dalam satu atau dua bulan ke depan akan lebih besar, jika kami tidak bisa menahan, maka bisa mencapai beberapa ratus ribu," kata dia

UMP mencapai 40 hingga 70 persen biaya, menjadi keresahan pelaku usaha, dan banyak pabrik yang terancam ditutup jika pemberlakukan UMP itu tidak ditangguhkan.

Sebanyak 1.312 perusahaan mengancam akan berhenti beroperasi, dan untuk Jawa Barat ada sebanyak 384 perusahaan yang mengancam berhenti beroperasi.

DKI Jakarta sebanyak 378 perusahaan, dan diperkirakan dampak dari penutupan perusahaan itu adalah PHK yang mencapai 976.328 pekerja. (*)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Oase Indonesia : Kiprah wirausaha muda, kreatif dan berkarya (3)

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar