Beijing (ANTARA) - Wali Kota Malang Sutiaji mengajak beberapa pengusaha dan akademisi China untuk bersama-sama mewujudkan "Silicon Valley" yang sedang dirintisnya di kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur itu.

"Kami punya Silicon Valley di Blimbing (di Malang), kami ingin mengajak pengusaha dan akademisi China untuk turut terlibat," kata dia saat ditemui ANTARA di Kedutaan Besar RI di Beijing, Sabtu (10/6).

Silicon Valley yang disebut Sutiaji adalah kawasan di California, Amerika Serikat, yang dikenal sebagai basis teknologi tinggi.

Bersama dengan jajaran pejabat Pemerintah Kota Malang, Sutiaji mengunjungi China pada 9-13 Juni 2023.

Di KBRI Beijing yang saat itu sedang menggelar "Indonesia Fair", dia bertemu dengan sejumlah pengusaha.

Baca juga: Pameran "Indonesia Fair" di China sukses pikat banyak pengunjung

"Saya inginnya bertemu pihak Alibaba dan Tencent untuk membantu memberdayakan ekonomi kreatif di sana," kata Sutiaji.

Salah satu kota pelajar terbesar di Jawa itu memiliki Malang Creative Center (MCC) yang disebut Sutiaji bisa menjadi inkubasi bagi beberapa perusahaan rintisan.

Untuk mendukung program tersebut, dia telah menyiapkan 17 subsektor ekonomi kreatif yang melibatkan 16 perguruan tinggi.

"Oleh sebab itu, dalam kunjungan ke China ini kami akan menjajaki kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Nanning dan Guangzhou," kata Sutiaji.

Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun dan Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Beijing Tutuk SH Cahyono bersedia membantu memfasilitasi kerja sama yang digagas Pemkot Malang dengan beberapa mitranya di China. 

Baca juga: Wali Kota Malang perkenalkan produk unggulan UMKM di KBRI Beijing

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023