hari tanpa hujan terpanjang terjadi di Kecamatan Talisayan
Samarinda (ANTARA) - Berdasarkan peta prakiraan peluang hujan oleh BMKG, secara umum di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bagian timur masih mengalami hujan kategori rendah sepanjang Dasarian II Juni (11-20/6) dengan curah hujan antara 0-50 mili meter (mm).

"Prakiraan hujan pada kategori rendah di kisaran 0-50 mm di bagian timur Kaltim ini memiliki peluang antara 50-90 persen," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III APT Pranoto Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Samarinda Riza Arian Noor di Samarinda, Minggu.

Kecuali untuk wilayah Kaltim bagian barat yang diprakirakan terjadi hujan pada kategori menengah pada kisaran 50-150 mm dengan peluang antara 50 hingga 70 persen.

Ia melanjutkan, pada prakiraan deterministik curah hujan Dasarian II Juni 2023 berdasarkan hasil pemutakhiran data pada 8 Juni 2023, secara umum wilayah Kaltim diprakirakan terjadi curah hujan dengan intensitas rendah hingga menengah berkisar 20-75 mm.

"Sedangkan untuk curah hujan dengan intensitas menengah antara 50-75 mm, diprakirakan terjadi di wilayah Kaltim bagian tengah hingga timur," kata Riza.

Baca juga: BMKG prakirakan semua daerah di Kaltim hujan lebat pada Minggu & Senin
Baca juga: BMKG imbau masyarakat waspada cuaca ekstrem di Kaltim


Pada prakiraan deterministik sifat hujan Dasarian II Juni 2023, katanya, wilayah Kaltim diprakirakan didominasi dengan sifat hujan kategori bawah normal.

Kecuali untuk sejumlah wilayah di Kabupaten Paser seperti bagian selatan, termasuk Kabupaten Mahakam Ulu bagian utara, Berau bagian barat, dan sebagian kecil Kabupaten Kutai Timur bagian timur yang diprakirakan mengalami sifat hujan kategori normal.

Sedangkan dari hasil pemantauan hari tanpa hujan pada Dasarian I Juni 2023, Provinsi Kaltim pada umumnya masih mengalami hujan dan hari tanpa hujan.

Wilayah yang mengalami hari tanpa hujan memiliki kriteria sangat pendek pada kisaran 1-5 hari, hingga di kisaran menengah pada 11-20 hari.

"Hari tanpa hujan terpanjang terjadi di Kecamatan Talisayan, Kabupaten Berau, yakni dengan jumlah hari tanpa hujan selama 11 hari," kata Riza.

Baca juga: 6.443 hektare sawah di Aceh rawan kekeringan pada musim tanam gadu ini
Baca juga: BMKG prakirakan hujan masih berpotensi di Jateng bagian selatan
Baca juga: BMKG laporkan cuaca berawan hingga cerah berawan terjadi di Indonesia

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023