Dari gerakan ini, kita menciptakan sejarah dalam menjaga kelestarian lingkungan dunia khususnya Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT PLN Indonesia Power bersinergi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengumpulkan 230 ton sampah di pesisir pantai dalam program Coastal Clean Up.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, mengatakan gerakan yang berlangsung di 25 titik unit PLN Indonesia Power itu merupakan salah satu komitmen perusahaan dalam menerapkan aspek environmental, social, and governance (ESG).

Kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan Hari lingkungan Hidup Dunia yang jatuh pada 5 Juni 2023 itu dilakukan secara hybrid dan serentak di 135 titik seluruh Indonesia yang dipimpin Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Hadir dalam pada lokasi utama di Balikpapan, Kaltim, Siti Nurbaya mengatakan gerakan Coastal Clean Up merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan khususnya dalam penanggulangan sampah yang mana total sampah dikumpulkan setiap tahunnya pada kegiatan yang sama perlu menjadi perhatian bersama.

"Dari gerakan ini, kita menciptakan sejarah dalam menjaga kelestarian lingkungan dunia khususnya Indonesia, total sampah yang dikumpulkan dari seluruh Indonesia tercatat mencapai 68,5 juta ton per tahun dan sekitar 18,5 persen merupakan sampah plastik, ini merupakan persoalan bagi kita bersama,” ujar Siti Nurbaya.

Ia pun mengapresiasi 52 industri yang sudah turut berkolaborasi menjaga lingkungan bersama dalam aksi bersih-bersih sampah tersebut.

Dari 135 titik yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, PLN IP diwakili Unit PLTU Jabar 2 Pelabuhan Ratu yang mengadakan kegiatan di pesisir Loji, Sukabumi, Jabar.

Selain itu, PLN IP juga mengadakan gerakan Coastal Clean Up di 24 titik lokasi lain yang di setiap lokasi digawangi unit kerja PLN IP terdekat dan juga berkolaborasi dengan berbagai unsur masyarakat.

Kegiatan mulai dari unit paling timur wilayah Indonesia sampai dengan paling barat, yaitu Unit PLTU Holtekamp dan PLTU Pangkalan Susu tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian PLN IP terhadap kelestarian lingkungan.

Edwin Nugraha Putra menambahkan PLN IP selalu memegang teguh komitmen menjaga lingkungan dengan setiap proses bisnis yang dijalankan kini selalu memperhatikan unsur ESG.

"Kami sebagai insan PLN Group selalu berkomitmen untuk turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan yang digalakkan pemerintah dan selalu memperhatikan unsur ESG, seperti meningkatkan pengembangan EBT, inovasi dalam bentuk co-firing PLTU yang berasal dari sampah yang kini menjadi jalan atau terobosan dalam membantu pemerintah mengatasi permasalahan sampah, hingga pengelolaan FABA yang tak kalah besar manfaatnya,” terang Edwin.

Selain mengumpulkan sampah 230 ton, PLN Indonesia Power juga mengadakan penanaman pohon seperti mangrove, cemara udang, dan juga transplantasi terumbu karang di sekitar lokasi kegiatan Coastal Clean Up.

Baca juga: Kemenperin: Penerapan ekonomi sirkular untuk tangani sampah plastik
Baca juga: Iriana Joko Widodo lakukan pengomposan sampah organik di Tampaksiring

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023