Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mempromosikan keindahan pariwisata yang ada di kota setempat kepada ratusan peserta Pekan Nasional (Penas) Tani XVI.

"Hari ini kami memfasilitasi tur kota bagi ratusan peserta Penas Tani demi mengenalkan keindahan pariwisata yang ada di Padang kepada orang luar," kata Kepala Dinas Pariwisata Padang Yudi Indra Syani di Padang, Minggu.

Ia mengatakan dalam rangkaian tur pihaknya mengajak 125 peserta Penas Tani untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata kebanggaan yang ada di Padang.

Beberapa destinasi wisata itu adalah Pantai Air Manis yang terkenal dengan Batu Malin Kundangnya, Pantai Padang, kawasan Gunung Padang, hingga Masjid Al-Hakim.

"Alhamdulillah para peserta tur tampak sangat antusias, mereka disuguhkan pemandangan alam dan laut yang begitu indah milik Kota Padang," jelasnya.

Untuk menunjang kegiatan tur itu, katanya, Pemkot Padang menyediakan lima unit bus secara gratis agar peserta tidak mengeluarkan biaya lagi untuk ongkos.

"Setelah mengunjungi destinasi-destinasi wisata, para peserta juga diajak ke pusat oleh-oleh untuk menjajal beragam kuliner, makanan, serta hasil kerajinan," jelasnya.

Yudi berharap kegiatan tur kota itu bisa memberikan pengalaman yang baik kepada peserta Penas Tani, sekaligus bisa memajukan pariwisata Padang.

"Seperti kita tahu bahwa peserta Penas Tani berasal dari berbagai daerah dan provinsi yang ada di Indonesia, sehingga momen ini adalah peluang untuk mengenalkan wisata secara lebih luas," jelasnya.

Ia mengatakan kegiatan tur kota akan kembali dilakukan pihaknya bagi ratusan peserta Penas Tani pada Senin (12/6), mulai dari pagi hingga sore hari ke berbagai destinasi wisata yang ada.

Pemkot Padang mengajak kerja sama serta dukungan dari masyarakat untuk menjaga citra yang positif kepada pendatang, tanpa melakukan pungutan liar, menaikkan harga dagangan secara tidak wajar, atau tindakan negatif lainnya.

"Mari sama-sama kita bentuk citra yang positif bagi Kota Padang sehingga orang merasa senang dan nyaman untuk datang, tindakan negatif hanya akan merugikan kita sendiri," jelasnya. ***1***

Baca juga: Survei UI: Sumbar miliki lima destinasi wisata favorit

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023