Jakarta (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mencatat angka penyintas dari paparan virus tersebut di Indonesia meningkat menjadi 6.637.815 jiwa, menurut laporan yang dipaparkan di Jakarta, Minggu.

Berdasarkan laporan tersebut, 168 orang yang telah dikonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sembuh. Selain itu kasus aktif COVID-19 di Indonesia juga menurun yakni 58 pasien dan total angka rawat pasien saat ini yakni 10.483 orang.

Sementara itu kasus konfirmasi positif COVID-19 harian bertambah menjadi 6.810.119 orang dan 111 orang dinyatakan positif terpapar.

Satu orang meninggal akibat COVID-19, sehingga total korban jiwa akibat COVID-19 di Indonesia menjadi 161.821 orang.

Tidak ada perubahan data vaksinasi yang tercatat oleh Satgas COVID-19 sejak Sabtu 10 Juni 2023.

Baca juga: Sebanyak 243 pasien sembuh dari COVID-19

Sementara itu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan masih menyimpan sekitar empat juta dosis vaksin COVID-19 sebagai persediaan bagi permintaan masyarakat, yang diberikan gratis selama masa transisi pencabutan status kedaruratan kesehatan nasional.

"Stok vaksin COVID-19 memang ada sekitar empat jutaan dosis, tapi paling banyak yang hasil produksi dalam negeri terakhir kami beli (InaVac dan IndoVac)," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi .

Selain produksi dalam negeri, Kemenkes juga masih menyimpan sekitar 100 ribuan dosis vaksin impor yakni Pfizer dan AstraZeneca di fasilitas penyimpanan milik pemerintah pusat.

Menurut Nadia, varian vaksin tersebut masih digunakan secara gratis saat ini sambil menunggu hasil kajian terkait vaksinasi berbayar rampung.

Baca juga: Kemenkes: Masih ada empat juta dosis vaksin COVID-19 disediakan gratis

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023