Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita seputar DKI Jakarta yang terjadi pada Minggu (11/6), mulai dari PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mulai Sabtu (10/6) memperbolehkan warga DKI Jakarta dan sekitarnya untuk melepas masker saat menggunakan layanan transportasi itu hingga Ahli planologi dari Universitas Trisakti Jakarta, Yoga Nirwono mengemukakan, Pemerintah Provinsi DKI sebaiknya fokus pembatasan kendaraan bermotor pribadi.

Berikut rangkuman seputar DKI Jakarta yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. PT Transjakarta bolehkan pelanggan tidak pakai masker

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mulai Sabtu (10/6) memperbolehkan warga DKI Jakarta dan sekitarnya untuk melepas masker saat menggunakan layanan transportasi itu.

"Berdasarkan arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Dishub DKI Jakarta, seluruh pelanggan TransJakarta diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker di dalam armada kami," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas TransJakarta Apriastini Bakti Bugiansri dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

2. JXB sediakan beragam fasilitas publik baru di “Jakarta Creative Zone”

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta bidang pariwisata, Jakarta Experience Board (JXB) menyediakan beragam fasilitas publik baru, seperti toilet pintar (smart toilet), area usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan fasilitas lainnya pada kanal kreatif "Jakarta Creative Zone Riverside by JXB" di Ibu Kota.

Direktur Utama JXB, Novita Dewi di Jakarta, Minggu, mengatakan bahwa kanal itu terletak di pertemuan Jalan Sudirman dan Sungai Ciliwung, RT.11/RW.20, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Selengkapnya di sini

3. DKI instruksi OPD tata trotoar depan Kedubes AS

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk melakukan penataan lanjutan pada trotoar di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

"Pagi ini saya mengecek apa yang masih kurang. Contohnya, kita akan bersihkan, di sana ada pohon yang memang sudah ada, tapi kita rapikan. Artinya, kita perbaiki juga wilayah ini," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau kondisi trotoar di depan Kedubes AS, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

4. Belasan unit pemadam tangani kebakaran puluhan rumah di Jakarta

Sebanyak 18 unit pemadam gabungan dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Pusat menangani proses pemadaman kebakaran puluhan rumah di Jalan Hidup Baru RT11/RW02, Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara (Jakut), Minggu siang.

Menurut penjaga perlintasan rel kereta api di lokasi, Imanuddin, kobaran api yang melahap bangunan rumah jenis semi permanen di samping rel kereta Pasar Rajawali sempat membuat kereta yang melintas terhenti.

Selengkapnya di sini

5. Ahli: Pemprov DKI sebaiknya fokus pembatasan kendaraan pribadi

Ahli planologi dari Universitas Trisakti Jakarta, Yoga Nirwono mengemukakan, Pemerintah Provinsi DKI sebaiknya fokus pembatasan kendaraan bermotor pribadi untuk menekan polusi udara yang meningkat akhir-akhir ini.

"Pemprov DKI Jakarta seharusnya fokus pada pembatasan kendaraan pribadi, baik mobil atau motor, baik yang berbahan bakar fosil atau kendaraan listrik tanpa terkecuali," ungkap Yoga saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023