Manitoba, Kanada (ANTARA) - Jumlah kebakaran hutan di Quebec, Kanada turun pada Minggu (11/6) dengan bantuan para pemadam kebakaran di provinsi Kanada tersebut yang berhasil memadamkan beberapa titik api, ujar otoritas setempat.

Pejabat Sumber Daya Alam Quebec Maite Blanchette Vezina mengatakan kepada wartawan bahwa jumlah kebakaran yang tidak terkendali di provinsi timur turun menjadi 44 dari 72 pada hari Sabtu (10/6), dikutip dari Canadian Broadcasting Corp.

Menurut Pusat Kebakaran Hutan Kanada, negara itu mengalami musim kebakaran musim semi terburuk, dengan 431 kebakaran aktif pada Minggu, naik lima dari Sabtu.

Pada hari Senin, sekitar 1.200 petugas pemadam kebakaran, termasuk lebih dari 100 pemadam kebakaran dari Prancis dan beberapa dari provinsi lain, diperkirakan akan mulai memerangi kobaran api di Quebec.

"Dengan sumber daya yang kami dapatkan dari Prancis dan New Brunswick, situasinya diharapkan lebih aman," ujar Vezina, seraya menambahkan bahwa pihak berwenang belum siap memulangkan banyak warga yang saat ini telah dievakuasi.

Seorang ahli meteorologi pemerintah federal memperkirakan pada Sabtu hingga Selasa, hujan dengan intensitas ringan akan turun di Quebec, tepatnya di titik lokasi kebakaran.

Di Alberta, pemerintah provinsi memperingatkan bahwa kebakaran semakin tidak dapat diprediksi dan bergerak mendekati kota Edson yang telah dievakuasi, atau sekitar 200 kilometer di sebelah barat ibu kota provinsi Edmonton.

Kebakaran di selatan Edson meluas dan kini mencapai 204.000 hektare, kata pejabat setempat dalam keterangan daring pada Minggu.

"Rabu lalu, kami berharap kami dapat menutup pusat kendali darurat kami dan pada Jumat, kami sadar itu tidak bisa dilakukan karena api semakin tidak bisa dikendalikan," kata Luc Mercier, kepala administrasi Yellowhead County.

Provinsi British Columbia juga memerangi sejumlah besar kebakaran, termasuk kebakaran yang terjadi dalam jarak empat kilometer dari timur laut provinsi tersebut.

Pergeseran angin telah membantu petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan kobaran api di kaki Pegunungan Rocky, tetapi suhu yang lebih hangat dan lebih kering pada Minggu dapat menyebabkan api membesar, kata Karley Desrosiers, petugas informasi Layanan Kebakaran British Columbia.

Sumber: Reuters

Baca juga: Peringatan kualitas udara Kanada berlanjut akibat asap kebakaran hutan
Baca juga: Kanada berharap hujan dan bantuan luar untuk padamkan kebakaran hutan

Penerjemah: Resinta Sulistiyandari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023