Trenton, Kanada (ANTARA) - Peringatan kualitas udara berlanjut pada Kamis di sebagian besar wilayah Kanada karena asap dari ratusan titik kebakaran hutan menyelimuti negara itu.

Jutaan warga Kanada diimbau untuk tetap berada dalam ruangan dan diperkirakan asap akan memburuk di wilayah padat penduduk di Toronto dan wilayah lain hingga akhir pekan.

Pada Rabu tercatat ada 414 kebakaran hutan, termasuk 239 di antaranya tidak terkendali. Angka yang meningkat dari 211 kebakaran hutan dari yang dilaporkan pada akhir Mei.

Ribuan pemadam kebakaran dari seluruh dunia, termasuk personel dari Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Meksiko dan Afrika Selatan berjuang memadamkan api.

Musim kebakaran hutan dimulai pada awal Mei ketika salju mencair dan petir menyambar serta pembuatan api unggun yang sembarangan membakar hutan-kayu kering yang menutupi sebagian besar wilayah negara itu.

Kebakaran di Quebec utara membuat lebih dari 14 ribu orang meninggalkan rumah mereka pada Rabu dan akan ada lebih banyak perintah evakuasi dikeluarkan segera, kata pejabat berwenang. Sebanyak 155 kebakaran telah dilaporkan.

Perdana Menteri Provinsi Quebec Francois Legault pada Rabu mengatakan kebakaran yang terjadi di wilayah utara dan barat provinsi menjadikan mereka yang mengungsi tidak dapat kembali ke rumah mereka hingga pekan depan.

Di wilayah British Columbia di pesisir barat, kebakaran hutan terbesar kedua dalam sejarah provinsi melanda kawasan seluas 310.805 hektare pada Kamis pagi. Sekitar 80 kebakaran dilaporkan.

Menuju wilayah timur melintasi negara, kebakaran hutan masih berkobar di Alberta -- sekitar 70 kebakaran saat ini -- dan wilayah Saskatchewan, tetapi kondisinya mulai mereda dari puncaknya pada Mei.

Di Ontario, Environment Canada menilai kualitas udara di ibu kota Kanada, Ottawa sebagai yang terburuk di negara itu pada Rabu.

Wilayah Nova Scotia di pesisir timur, sekitar 16 ribu orang dievakuasi saat puncak kebakaran terjadi yang mengancam ibukota Halifax dan lebih dari 150 rumah hangus.

Antara 1 Maret hingga 5 Juni, diperkirakan terjadi 2.214 kebakaran yang melanda wilayah seluas 38 ribu kilometer persegi, menjadikan tahun ini yang terburuk dalam sejarah kebakaran hutan di Kanada.

Baca juga: Trudeau: Kanada harus pastikan penduduk aman dari kebakaran hutan
Baca juga: Daerah timur AS diselimuti kabut asap dari kebakaran hutan Kanada
Baca juga: New York pantau kualitas udara akibat kebakaran hutan di Kanada


Sumber: Anadolu
 

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023