Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh pada tahun 2023 mendapatkan kuota program beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sebanyak 600 orang.

“Rekrutmen penerima beasiswa KIP Kuliah di UIN Ar-Raniry dilakukan setelah peserta dinyatakan lulus lewat jalur penerimaan mahasiswa baru,” kata Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry Prof Saifullah di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan rekrutmen yang dilakukan oleh UIN Ar-Raniry berbeda dengan kampus lainnya di mana UIN akan membuka pendaftaran calon penerima program beasiswa itu setelah mereka dinyatakan diterima sebagai mahasiswa di kampus tersebut.

Baca juga: Sebanyak 1.866 Peserta SPAN PTKIN lulus di UIN Ar-Raniry

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama tersebut menyebutkan pada tahun 2022 UIN Ar Raniry mendapatkan kuota KIP Kuliah sebanyak 400 orang dan pada tahun 2023 meningkat menjadi 600 orang.

Ia mengemukakan syarat sebagai penerima program beasiswa tersebut antara lain memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP)/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Program Keluarga Harapan (PKH), surat keterangan miskin dari gampong dan melampirkan penghasilan orang tua bagi mereka yang tidak memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP)/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Program Keluarga Harapan (PKH).

"Calon penerima merupakan mahasiswa yang mampu secara akademik tetapi tidak mampu secara ekonomi yang dibuktikan dengan nilai prestasi di sekolah yang diterbitkan oleh pejabat terkait," katanya.

Baca juga: Sebanyak 681 peserta SNBP lulus di UIN Ar-Raniry

Ia mengatakan tim nantinya akan melakukan verifikasi dan pengecekan kembali terhadap data yang masuk sehingga program beasiswa tersebut diterima oleh yang berhak dan tepat sasaran.

Ia juga berpesan kepada seluruh mahasiswa agar dapat mengisi biodata yang dibutuhkan sesuai dengan syarat yang telah ditentukan dan tidak memanipulasi data untuk menjadi salah satu penerima beasiswa tersebut.

“Beasiswa ini khusus kepada mereka yang mampu secara akademik, tetapi tidak mampu secara ekonomi. Semoga mereka bisa melanjutkan studi dan meningkatkan kesejahteraan keluarga di masa mendatang,” katanya.

Baca juga: UIN Ar-Raniry akan terima 6.185 mahasiswa Baru

Ia menambahkan bahwa syarat dan ketentuan itu akan diterbitkan setelah jalur penerimaan mahasiswa baru di lingkungan kampus tersebut tuntas dilaksanakan.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023