Zhengzhou, China (ANTARA) - Kegiatan panen gandum skala besar di Provinsi Henan, China tengah, secara umum telah selesai pada Minggu (11/6) pukul 17.00 waktu setempat, biro pertanian dan urusan pedesaan provinsi tersebut menyatakan.

Menurut biro tersebut, kegiatan pemanenan gandum dengan menggunakan mesin di Henan dimulai pada 30 Mei, dengan 216.000 mesin pemanen gabungan dioperasikan.

Sebelumnya, Henan mengalami musim hujan yang berkepanjangan, yang berdampak pada panen gandum. Sejumlah upaya tepat waktu telah dikerahkan untuk melakukan pemanenan dengan mesin pertanian di ladang gandum yang dilanda hujan dan mengeringkan biji-bijian yang basah guna meminimalkan kerugian dalam produksi biji-bijian.

Pemanenan diikuti dengan penanaman. Hingga Minggu, total area penanaman biji-bijian musim panas di Henan telah mencapai 78,02 juta mu (sekitar 5,2 juta hektare), menyumbang 85,7 persen dari perkiraan total area penanaman.

Sebagai daerah penghasil biji-bijian utama di China, Henan memiliki area penanaman gandum yang stabil di area seluas lebih dari 85 juta mu (sekitar 5,6 hektare) dan produksi gandumnya menyumbang seperempat dari total produksi negara tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023