Jakarta (ANTARA) - PT Cladtek BI Metal Manufacturing, produsen pipa dan komponen aksesori industri minyak dan gas yang beroperasi di Batam, Kepulauan Riau, memberikan perhatian penuh terhadap pemenuhan rantai pasokan dalam negeri dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produknya ada yang mencapai lebih dari 50 persen.

"Sejauh ini ada puluhan produk Cladtek berhasil mencapai angka TKDN sekitar belasan persen hingga lebih dari 50 persen tergantung jenis produknya," kata Christopher Anandaganeshan, Group Chief Operating Officer Cladtek, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Christopher mengatakan pihaknya berkomitmen mengembangkan inovasi-inovasi produk dalam rangka meningkatkan TKDN dan demi mendapatkan sertifikasi yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pemerintah.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Perindustrian adalah institusi yang terlibat penuh mendukung penerapan kebijakan TKDN pada pelaksanaan kontrak konstruksi di lingkungan kedua kementerian tersebut. Bahkan, TKDN menjadi salah satu preferensi dalam menentukan pemenang dalam proses pengadaan barang atau jasa di lingkungan Kementerian ESDM maupun di Kementerian Perindustrian.

Menurut Christopher, sejak berdiri 20 tahun lalu, Cladtek memberi ruang kepada anak bangsa untuk melahirkan inovasi-inovasi terbaru. Seperti diantaranya, Rapid Pipe, Mechanically Lined Pipe (MLP) yang memiliki ulir dan konektor di ujung pipa sehingga membuat instalasi akan lebih cepat, efisien dan dapat dipakai kembali konektornya.

"Teknologi terbaru Cladtek yang kami produksi di Batam itu telah menyebar ke seluruh dunia, seperti di Brasil dan Arab Saudi. Kami juga mengembangkan otomatisasi, desain produk, dan dukungan lainnya di Indonesia yang diterapkan secara global. Kami melatih pengelas di Indonesia untuk keahlian weld overlay dan menempatkan sekitar 65 lulusan Indonesia di Arab Saudi untuk bekerja bersama dengan karyawan setempat," katanya.

Inti dari program inovasi yang dijalankan adalah efisiensi yang berarti memberikan manfaat sebesar-besarnya. Dengan menggunakan tenaga kerja lokal dan membeli bahan baku dari produsen lokal pula, maka selain akan mendukung industri di Tanah Air, juga akan menjaga uang tetap berputar di dalam negeri.

"Kami yakin, Cladtek mampu melahirkan teknologi dan kualitas setara atau lebih baik dari pemain-pemain utama, terutama dalam manufaktur MLP. Terbukti produk MLP kami memiliki tingkat kekeliruan yang rendah dan telah disetujui oleh Chevron, Petronas, dan penyedia minyak dan gas utama lainnya selama 20 tahun terakhir ini,” ujarnya.

Dengan bekal semangat dan optimisme yang dimiliki, ke depan Cladtek diharapkan akan semakin eksis di industri minyak dan gas, termasuk di energi geothermal yang berkelanjutan.

“Saat ini kami sedang mengembangkan fasilitas fabrikasi untuk membawa Cladtek ke level berikutnya. Target kami berikutnya adalah meningkatkan pendapatan dua kali lipat dengan menciptakan permintaan global untuk industri minyak dan gas,” katanya.

Baca juga: TKDN Toyota Yaris Cross capai 80 persen
Baca juga: Acer beri nilai tambah untuk pelanggan dengan penuhi TKDN
Baca juga: Kasal: KRI Bung Karno pertama didesain dalam negeri, TKDN 80 persen

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023