“Kelima pos itu masing-masing Pos Miangas, Marampit, Kawaluso, Kabaruan dan Marore,”
Manado (ANTARA) - Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono mengatakan prajurit Satgas Pengamanan Pulau-Pulau Kecil Terluar (Pamputer) Yonif 714/Sintuwu Maroso akan ditempatkan pada lima pos.

“Kelima pos itu masing-masing Pos Miangas, Marampit, Kawaluso, Kabaruan dan Marore,” kata Wakhyono usai upacara keberangkatan Satgas Pamputer, di Manado, Senin.

Kelima pos tersebut berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud dan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

Satgas Pamputer tersebut akan berada di sana sekitar satu tahun untuk mengamankan wilayah tersebut dari kegiatan terkait antara lain ilegal di wilayah perbatasan itu.

“Berharap selain melakukan tugas pengamanan, para Satgas Pamputer tersebut akan membina masyarakat di wilayah itu,” katanya.

Menurut dia , personel yang akan berangkat tersebut, nantinya akan melakukan rotasi pasukan yang ada di sana.

“Pada saat tiba di lokasi, pasukan yang lama otomatis akan ditarik kembali,” katanya.

Satgas Pamputer yang diberangkatkan sekitar 158 personel, atau totalnya ada sekitar 204 personel termasuk unsur kewilayahan TNI AL, dan TNI AU yang ada di pos tersebut.

Upacara keberangkatan Satgas Ops Pamputer Kodam XIII/Merdeka tersebut dilaksanakan di halaman Makorem 131/Santiago dipimpin Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Wakhyono dihadiri pejabat TNI, Polri serta sipil di daerah itu.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023