Seoul (ANTARA News) - Sebuah survei pemerintah Korea Selatan menyebutkan bahwa hampir 70 persen dari artis di negeri ginseng itu berpenghasilan kurang dari satu juta won atau sekitar 921,9 dolar AS  per bulan.

Survei tersebut dilakukan oleh Kementerian Budaya dan Insitut Kebudayaan dan Pariwisata Korea, yang melibatkan 2.000 artis dari 10 bidang kesenian yakni sastra, seni rupa, arsitektur, fotografi, musik, musik tradisional Korea, tari, teater, film dan budaya pop.

Survei yang dirilis pada Kamis, tersebut menemukan bahwa penghasilan dari 66,5 persen responden tercatat tidak lebih dari satu juta won, demikian menurut Kementerian.

Sebagai perbandingan, biaya hidup untuk keluarga yang beranggotakan empat orang di Korea Selatan, menurut pemerintah adalah 1,49 juta won per bulan pada 2012, demikian seperti yang dikutip dari Kantor Berita Korsel Yonhap.

Korea Selatan muncul sebagai pusat kekuatan budaya di Asia. Drama, film, dan K-Pop sangat digemari tidak hanya di dalam negeri tetapi juga mancanegara.

(H017)


Penerjemah: Heppy Ratna Sari
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013