Jakarta (ANTARA) - Atlet bulu tangkis tunggal putra Jepang Kento Momota mengatakan belum sepenuhnya pulih dari cedera saat bertanding pada babak pertama Indonesia Open 2023 di Istora Senayan Jakarta, Selasa.

Momota harus menelan kekalahan setelah bertarung melawan wakil Hong Kong Angus Ng Ka Long, dengan dua gim langsung 8-21, 15-21 pada babak 32 besar tersebut.

“Performa menurun bukan hanya karena karena (akibat dari) kecelakaan (di Malaysia) saja, saya juga sekarang masih dalam proses rehabilitasi untuk sakit pinggang saya yang belum pulih seutuhnya. Saya ingin fokus ke pemulihan itu terlebih dahulu,” ungkap Momota saat ditemui usai pertandingan.

Momota menjadi salah satu dari tiga korban yang terlibat dalam kecelakaan fatal di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Januari 2020. Saat itu, minibus yang membawanya menabrak bagian belakang truk bermuatan tanah seberat 30 ton sehingga membuat bagian depan minibus remuk.

Seiring berjalannya waktu, ia mencoba untuk pulih dan bangkit serta berkompetisi di berbagai ajang bulu tangkis dunia untuk memperbaiki performanya secara keseluruhan. Namun, mantan peringkat satu dunia itu tak menampik bahwa hal itu membutuhkan waktu yang tak singkat.

Baca juga: 240 pebulu tangkis dunia siap perebutkan gelar Indonesia Open 2023

Di Indonesia Open 2023  — yang merupakan turnamen level Super 1000 sekaligus rangkaian Race to Olympic 2024 — Momota mengaku tidak memiliki target khusus mengingat kondisinya yang kurang maksimal belakangan waktu ini.

Hal itu terbukti pada jalannya pertandingan melawan Ng, dimana ia bersusah payah mendapatkan poin demi poin demi mengejar ketertinggalan yang cukup jauh dari sang lawan. Pada gim kedua, Momota berusaha bangkit dan memberikan cukup tekanan kepada Ng, meski akhirnya ia harus mengakui keunggulan wakil Hong Kong.

“Sebenarnya saya tidak ada target khusus ketika ke sini, tapi saya sangat suka berada di sini karena banyak orang yang datang dan mendukung. Memang, tadi pertandingannya berat untuk saya. Tapi karena banyak yang mendukung, saya selalu suka main di sini,” kata Momota.

Sementara itu, dengan kemenangan Ng di babak pertama, ia melenggang maju ke babak 16 besar dan bersiap untuk menghadapi Prannoy HS dari India.

Baca juga: Tunggal putra Indonesia siap tampil maksimal di Indonesia Open 2023
Baca juga: Ana/Tiwi ke babak 16 besar setelah kalahkan Lanny/Ribka

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023