Jakarta (ANTARA) - Ketua Panitia Pelaksana Kapal Api Group Indonesia Open 2023 Armand Darmadji mengatakan sebanyak 240 pebulu tangkis dunia siap bersaing memperebutkan gelar tertinggi pada ajang yang akan digelar pada 13-18 Juni itu.

“Kami mengucapkan selamat datang buat atlet-atlet bulu tangkis dunia yang akan berlaga di Indonesia Open 2023. Sebanyak 240 atlet dari 20 negara akan hadir berlomba mencari poin dan kemenangan di Indonesia Open 2023,” kata Armand dalam jumpa pers di Istora Senayan Jakarta, Senin.

Adapun sejumlah pemain tunggal putra dan putri dunia yang akan ikut berkompetisi antara lain Viktor Axelsen (Denmark), Kodai Naraoka (Jepang), Kunlavut Vitidsarn (Thailand), Akane Yamaguchi (Jepang), An Se Young (Korea Selatan), dan Tai Tzu Ying (Taiwan).

Lebih lanjut, ada juga pasangan ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran top seperti Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China), Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China), hingga Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China).

Baca juga: Butet yakin faktor tuan rumah dongkrak motivasi para atlet Indonesia

Dari Indonesia sendiri, para unggulan seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Gregoria Mariska, Apriyani Rahayu/Siti Fadia, hingga Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga ikut berjuang di kandang sendiri.

Ia melanjutkan, antusiasme para pebulu tangkis top Indonesia dan dunia di ajang ini sangat tinggi karena Indonesia Open merupakan turnamen BWF World Tour dengan level Super 1000 dan menawarkan hadiah sebesar 1,3 juta dolar AS atau hampir mencapai Rp20 miliar.

Selain itu, Indonesia Open 2023 juga masuk dalam agenda Race to Olympics 2024, dimana para atlet bulu tangkis dunia berusaha untuk meraup poin menuju Olimpiade Paris tahun depan.

Lebih lanjut, Armand mengatakan persiapan telah mencapai hampir 100 persen dengan tiket ludes terjual secara daring.

“Saat ini Istora sudah bersolek menyambut kembali Indonesia Open 2023. Saat ini persiapan untuk kegiatan sudah hampir selesai, mendekati 100 persen sehingga diharapkan acara mulai besok berjalan sesuai schedule (jadwal),” kata dia.

“Antusiasme pecinta bulu tangkis Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Kami sudah menjual 90 persen tiket secara online dan habis. Tersisa hanya sedikit untuk penjualan on the spot di hari pertandingan,” ujarnya menambahkan.

Selain menyuguhkan pertandingan bulu tangkis level tertinggi, Indonesia Open 2023 juga akan disemarakkan oleh suguhan sportainment termasuk di dalamnya pertunjukan mural, rentetan stan kuliner, hingga musik tradisional dan kontemporer.

Baca juga: Rudy Hartono prediksi dua sektor tembus final Indonesia Open
 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023