Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajukan pagu indikatif untuk tahun anggaran 2024 sebesar Rp14,66 triliun dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR RI di Jakarta, Selasa.
 
"Pagu Indikatif Kementerian Pertanian tahun 2024 ditetapkan sebesar Rp14,66 triliun. Pagu Indikatif ini telah disampaikan kepada Kementerian Keuangan," ujar Syahrul.
 
Syahrul menyampaikan prioritas penganggaran 2024 Kementan akan berfokus pada empat program yaitu ketersediaan, akses dan konsumsi pangan berkualitas; nilai tambah dan daya saing industri; pendidikan dan pelatihan vokasi; serta dukungan management
 
Kementerian Pertanian juga berupaya untuk meningkatkan produksi dan komoditas pertanian yang ditempuh melalui dua strategi yang dilaksanakan oleh Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen Hortikultura, Dirjen Perkebunan, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan.
 
Sedangkan strategi lainnya dilakukan dengan kegiatan pendukung berupa pengolahan air irigasi, penggunaan dan pembangunan embung melalui konservasi air, jaringan irigasi tersier, penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan vokasi serta melakukan tindakan karantina.
 
Mentan menjelaskan total pagu indikatif tersebut dialokasikan per Eselon I yakni Sekretariat Jenderal Rp1,48 triliun, Inspektorat Jenderal Rp124,5 miliar, Ditjen Tanaman Pangan Rp3 triliun, Ditjen Hortikultura Rp1 triliun, Ditjen Perkebunan Rp1 triliun serta Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Rp2,54 triliun.

Lebih lanjut, Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Rp2,58 triliun, Badan Standardisasi Instrumen Pertanian Rp958,93 miliar, Badan PPSDM Pertanian Rp905,24 miliar dan Badan Karantina Pertanian Rp966,87 miliar.
 
Kementerian Pertanian juga membahas perihal target produksi komoditas utama tahun 2024, di antaranya adalah padi sebesar 55,42 juta ton, cabai 3 juta ton, jagung 23,34 juta ton, bawang merah 1,74 juta ton, kedelai 340 ribu ton, kopi 818 ribu ton, bawang putih 45,91 ribu ton dan daging ayam 4 juta ton.
 
 

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023