Program optimasi lahan rawa yang diharapkan bisa meningkatkan produksi padi di daerah ini dilaksanakan bekerja sama dengan Kodim 1012 Buntok.
Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, mendapat alokasi program optimasi lahan rawa untuk tanaman padi dari Kementerian Pertanian seluas 1.500 hektare .

"Program optimasi lahan rawa yang diharapkan bisa meningkatkan produksi padi di daerah ini dilaksanakan bekerja sama dengan Kodim 1012 Buntok," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Barito Timur Lurikto di Tamiang Layang.

Menurut dia, program itu bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur lahan pertanian rawa melalui pembangunan, rehabilitasi infrastruktur, tata lahan dan tata air, dengan harapan lahan yang dioptimasi bisa menjadi lahan produktif sehingga mampu meningkatkan indeks pertanaman pangan khususnya padi di wilayah Barito Timur.

“Maksudnya adalah lahan sawah yang sudah ada namun selama ini belum optimal, maka 
perlu dibenahi dengan optimasi lahan rawa bertujuan untuk meningkatkan optimalisasi lahannya sehingga bisa optimal produksi dan hasilnya,” kata dia.

Baca juga: Kementan-Pemprov Kalteng optimalkan lahan rawa seluas 81 ribu hektare

Dia mengatakan dengan terlaksana optimasi lahan diharap bisa meningkatkan produksi padi di wilayah Barito Timur. Dampaknya juga bisa pada meningkatkan kesejahteraan petani setempat.

“Mungkin program ini sudah bisa dilaksanakan pada April atau Mei 2024. Untuk beberapa hari ke depan dilaksanakan penandatanganan MoU dengan Dandim 1012 Buntok untuk pelaksanaan optimasi lahan rawa di Kabupaten Barito Timur,” kata Lurikto.

Baca juga: Pangdam II Sriwijaya sebut 30.000 hektare rawa jadi lahan pertanian

Lurikto juga mengimbau para petani penerima manfaat untuk bisa memberikan dukungan agar kegiatan optimasi lahan rawa dapat berjalan dengan tertib dan lancar, serta dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi peningkatan produksi padi.

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Pertanian RI dan Pemprov Kalteng, sehingga kami akan berupaya seoptimal mungkin agar program optimalisasi lahan rawa ini bisa berhasil terlaksana,” demikian Lurikto.

Pewarta: Kasriadi/Habibullah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024