Beijing (ANTARA) - Kasus positif COVID-19 di China memuncak lagi, selama bulan Mei terdapat 164 orang tewas dan 2.777 lainnya dalam kondisi parah.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular China (CCDC) dalam keterangannya yang dipantau di Beijing, Selasa, menyebutkan kasus kematian dan kasus positif parah terjadi pada kalangan manula yang memiliki penyakit bawaan dengan usia rata-rata 79,3 tahun.

Jumlah kunjungan klinik, kasus parah, dan kematian akibat COVID-19 selama Mei 2023 lebih tinggi daripada April 2023, tetapi lebih rendah dibandingkan saat puncak kasus yang terjadi pada akhir 2022, demikian disampaikan CCDC.

Selama periode Februari-April telah terjadi kasus sporadis. Jumlah kasus positif terus bertambah mulai dari akhir April, namun menurun pada akhir Mei dan saat ini trennya juga menurun.

Hal tersebut sesuai dengan pendapat pakar penyakit saluran pernapasan atas Prof Zhong Nanshan bahwa sedikitnya 65 juta warga di seluruh wilayah China akan terinfeksi COVID-19 hingga akhir Juni.

Dari total 14.732 sampel kasus positif COVID-19 teridentifikasi varian Omicron dan subvarian XBB masih dominan di China.

Baca juga: Infeksi COVID-19 di China disebut prevalensi rendah dan gejala ringan
Baca juga: China dilanda gelombang COVID lagi, puncaknya diperkirakan pada Juni

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023