Ambon (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Maluku secara resmi melepas keberangkatan 1.125 calon haji dari provinsi itu yang berasal dari 11 kabupaten dan kota.

Gubernur Maluku Murad Ismail di Ambon, Selasa saat pelepasan berpesan agar calon jamaah haji yang berangkat untuk fokus beribadah saat berada di Tanah Suci.

"Kami dari Pemprov Maluku beserta seluruh masyarakat Maluku senantiasa mendoakan seluruh calon jamaah haji serta diberi kekuatan lahir batin serta sehat selalu selama menunaikan ibadah haji," katanya.

Gubernur berpesan kepada jamaah menggunakan waktu yang ada di Tanah Suci memperbanyak ibadah, seperti berzikir, berdoa serta bertawakal agar mendapatkan haji yang mabrur.

Kepada petugas, pemandu dan pembimbing dan tenaga kesehatan haji ia berpesan agar melaksanakan tugas dengan serius dan sepenuh hati sesuai dengan amanah dan tanggung jawab masing-masing.

Baca juga: Kemenkes gencarkan edukasi sehat jamaah haji jelang Armuzna

Sementara Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Yamin menyampaikan pada tahun ini calon jamaah haji dari Provinsi Maluku tergabung dalam tiga kelompok terbang yaitu kloter 33, 34, dan 35 diberangkatkan dari embarkasi Makassar.

Tiga kloter tersebut diterbangkan dari Ambon menuju Makassar untuk selanjutnya diberangkatkan ke Tanah Suci.

Jamaah haji asal Maluku dijadwalkan akan kembali ke Tanah Air pada 29-30 Juli 2023 di Makassar dan selanjutnya diterbangkan ke Ambon pada 1-2 Agustus 2023.

Sebelumnya Kepala Kantor Kemenag Kota Ambon R. Hassannusi menyatakan jamaah calon haji dari daerah itu pada tahun ini didominasi kalangan lanjut usia (lansia) dan berisiko tinggi.

"Dari total JCH Kota Ambon sebanyak 314 orang, 157 di antaranya merupakan lansia, JCH tertua berusia 93 tahun lima bulan atas nama Ja'far Naya binti Ahmad Naya," katanya.

Ia mengatakan rombongan haji Kota Ambon tahun ini banyak didominasi lansia prioritas, yakni usia di atas 85 tahun dan enam orang yang harus dibantu menggunakan kursi roda dalam pelaksanaan ibadah haji.

Proses keberangkatan JCH akan ada panitia khusus yang bertanggung jawab untuk mendampingi jamaah lansia, mulai dari kedatangan di embarkasi hingga Arab Saudi sudah ada petugas khusus.

Acara pelepasan jamaah calon haji asal Maluku dilakukan bersamaan dengan acara peresmian Masjid Ismail Murad yang berlokasi berdampingan dengan asrama haji transit Maluku di Desa Waiheru, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.

Baca juga: Gubernur: Pembina JCH Maluku harus tingkatkan kinerja memandu jamaah

Pewarta: John Soplanit
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023