Makassar (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan melepas jamaah calon haji (JCH) asal Maluku Utara ditambah Kabupaten Maros dan Kota Makassar dengan total 298 orang.

"JCH asal Maluku Utara tercatat sebanyak 298 orang, ditambah dari Makassar dua orang dan Kabupaten Maros, Sulsel 88 orang. Lalu lima petugas haji sehingga total kloter 16 yang diberangkatkan sebanyak 393 orang," kata Ketua PPIH Embarkasi Makassar Khaeroni di Makassar, Minggu (4/6) malam.

Dia mengatakan jamaah yang akan menuju ke Madinah ini secara administratif dan persiapan fisik serta mental lainnya sudah siap.

Baca juga: Jemaah diimbau gunakan sewa kursi roda resmi di Masjidil Haram
 
Suasana pelepasan JCH Kloter 16 asal Provinsi Maluku Utara dan Kabupaten Maros serta Makassar di Asrama Haji Sudiang Makasssar, Minggu (4/6/2023) malam. ANTARA/HO-Embarkasi Makassar/am.


Berkaitan dengan hal tersebut, ia berpesan kepada JCH dapat memanfaatkan kesempatan berhaji tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Semoga semua menjadi haji yang mabrur dan kembali ke Tanah Air dengan kondisi sehat walafiat," katanya.

Salah seorang JCH asal Maluku Utara, Nurmiah, mengaku bersyukur tahun ini mendapat panggilan berhaji setelah lebih dari 10 tahun masuk daftar tunggu.

Dia mengatakan saat pandemi sudah dapat panggilan untuk melaksanakan ibadah haji namun karena status pandemi sehingga tertunda dua tahun.

Seorang anggota JCH asal Kabupaten Maros, Rosneni, mengaku mendapat kesempatan berhaji setelah masuk daftar tunggu selama 14 tahun.

Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara Amar Manaf mengatakan pentingnya mereka menjaga kekompakan dan persaudaraan, baik petugas maupun antarjamaah.

"Tidak ada lagi jamaah Maluku Utara dan Maros, yang ada adalah jamaah haji Embarkasi Makassar dan Jamaah Haji Indonesia," katanya.

Baca juga: Jamaah lansia tetap bisa gunakan popok saat ihram
Baca juga: 367 calon haji Riau diberangkatkan ke embarkasi Batam

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023