Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan dari 4.910 calon haji 2023 asal provinsi itu, sebanyak 2.358 orang telah diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Jamaah calon haji ang telah diberangkatkan itu kloter 01, 02, 03, 04, 05 dan 06. Sedangkan untuk kloter 07 hingga kloter 13 diberangkatkan secara bertahap sesuai jadwal mulai 7 Juni sampai 22 Juni," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Arif Hariyanto di Praya, Rabu.

Ia mengatakan jamaah calon haji dan petugas haji yang sudah tiba di Mekah tersebut, berasal dari Kabupaten Lombok Timur sebanyak 393 calon haji, Lombok Tengah 393 calon haji, Lombok Barat 393 calon haji, Kota Mataram 393 calon haji, kloter campuran Lombok Timur dan Sumbawa 393 calon haji, dan Kabupaten Bima sebanyak 392 calon haji.

Baca juga: Jamaah calon haji Kloter 4 asal NTB tiba di Tanah Suci Mekkah

"Sisa jamaah calon haji yang belum berangkat sebanyak 2.552 orang," katanya.

Seluruh penerbangan haji embarkasi Lombok dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dengan pesawat jenis Boeing 777-300ER dari Bandara Lombok menuju Mekah.

PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Lombok bersama seluruh pemangku kepentingan terkait telah menyiapkan semua hal yang diperlukan untuk mendukung kelancaran operasional angkutan ibadah haji 2023.

Pihaknya juga memastikan kesiapan personel dan fasilitas serta peralatan pendukung operasional penerbangan haji tahun ini bersama Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, Perum LPPNPI Cabang Lombok, Kementerian Agama NTB, Kantor Imigrasi, Kantor Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Perum Damri, TNI/Polri, dan pihak terkait lainnya.

"Hal itu untuk memastikan penerbangan haji dari Bandara Lombok berjalan lancar dengan mengedepankan prinsip keselamatan, keamanan, dan pelayanan,” katanya.

Baca juga: JCH asal NTB mulai diterbangkan menuju Tanah Suci

Baca juga: Kemenag ingatkan jamaah calon haji tak perlu bawa beras ke Tanah Suci


Selain itu, manajemen Bandara Lombok juga menempatkan personel Airport Security (Avsec) beserta peralatan pendukungnya untuk memeriksa keamanan penumpang beserta barang bawaannya di Asrama Haji Lombok, Kota Mataram.

Dengan dilakukannya proses skrining di Asrama Haji Mataram, saat tiba di bandara jamaah calon haji dapat langsung boarding ke dalam pesawat.

“Kami berharap seluruh kegiatan operasional penerbangan haji tahun ini berjalan dengan baik dan lancar. Semoga jamaah calon haji pulang kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat dan menjadi haji yang mabrur,” katanya.

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023