Jakarta (ANTARA) - Kantor Imigrasi Bekasi melayani 2.000 pemohon paspor kolektif yang diselenggarakan di Distrik 1 Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Senin (12/6) sampai dengan Minggu (18/6).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bekasi Berthi Mustika mengatakan bahwa pelayanan paspor kolektif bertajuk Eazy Passport merupakan program dari Ditjen Imigrasi untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kantor Imigrasi Bekasi bekerja sama dengan Manajemen Lippo Cikarang membuka pelayanan paspor kolektif bagi warga masyarakat yang tinggal di Meikarta sehingga mereka tidak perlu datang ke kantor imigrasi. Kami yang akan mendatangi warga secara langsung," kata Berthi dikonfirmasi ANTARA dari Jakarta, Selasa.

Di lokasi Meikarta tersebut, Berthi berujar bahwa pihak Kantor Imigrasi Bekasi melayani permohonan paspor baru dan penggantian paspor karena kedaluwarsa.

Jenis paspor yang disediakan yaitu paspor biasa 48 halaman dengan biaya Rp350 ribu dan paspor elektronik 48 halaman seharga Rp650 ribu. Pemohon yang telah terdaftar akan dilayani di lokasi yang telah disiapkan oleh Manajemen Lippo Cikarang mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Berthi mengatakan bahwa pelayanan paspor kolektif Eazy Passport menjadi sarana bagi Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi untuk mendekatkan pelayanan dengan menjangkau komunitas masyarakat yang membutuhkan paspor.

Eazy passport bisa melayani komunitas, organisasi masyarakat, perkantoran, hingga perumahan. Kuota pemohon yang ditetapkan untuk pelayanan kolektif, yaitu minimal 30 orang pemohon per hari di setiap lokasinya.

"Caranya pun dibuat mudah, yaitu perwakilan pemohon cukup datang dengan membawa berkas persyaratan para pemohon. Permohonan bisa diajukan di seluruh kantor imigrasi di Indonesia," ucapnya.

Nantinya, tutur Berthi, petugas akan datang ke lokasi yang diinginkan untuk melakukan wawancara dan pengambilan data biometrik, yakni foto wajah dan sidik jari dengan pemohon secara langsung.

Baca juga: Imigrasi Atambua catat 102 warga manfaatkan layanan eazy paspport
Baca juga: Imigrasi layani 70 permohonan paspor lewat eazy passport di PLBN Wini

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023