Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUKM) terus meningkatkan penggunaan produk lokal untuk mencapai target belanja produk dalam negeri oleh pemerintah yang sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Pemprov DKI Jakarta telah berkomitmen untuk belanja produk dalam negeri sebesar Rp15,8 triliun sebagai wujud implementasi arahan serta target dari Presiden mengenai P3DN.​​​​​​​
 
“Masih dalam semarak menyongsong HUT ke-496 Kota Jakarta, pelaksanaan kegiatan ini juga wujud nyata peningkatan ekonomi kerakyatan, rasa cinta produk dalam negeri, serta bagian dari pembinaan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta sebagai upaya mendukung program P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) dan Gernas BBI,” jelas Kepala Dinas PPKUKM Elisabeth Ratu Rante Allo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.
 
Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUKM) menyelenggarakan Business Matching 4 di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, mulai Senin (13/6) hingga Kamis (15/6) 2023. ANTARA/Ho/PPID DKI Jakarta


Ia menjelaskan, salah satu upaya untuk mendorong produk dalam negeri, maka Dinas PPKUKM menyelenggarakan Business Matching 4 di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, mulai Senin (13/6) hingga Kamis (15/6) dengan harapan dapat menjaring pebisnis bertalenta yang ke depannya dapat membangun sektor usaha yang mengedepankan produk lokal.

Diketahui, Business Matching 4 ini melibatkan 32 exhibitor termasuk industri kecil yang produknya sudah bersertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Industri Kecil.
 
Keikutsertaan industri kecil pada kegiatan ini adalah upaya Pemprov DKI untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku industri kecil, sehingga dapat memiliki kesempatan yang sama dalam proses pengadaan barang/jasa pemerintah.

Selain untuk mendorong program P3DN, Business Matching 4 ini juga sebagai implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022. Lebih lanjut, Ratu menyebutkan Business Matching 4 ini juga digelar guna memeriahkan semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Kota Jakarta.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023