Jakarta (ANTARA News) - Pengamat Politik Hanta Yudha HR memperkirakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Jakarta pada Minggu (17/2) akan menjadi penentu nasib Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.

"Saya perkirakan nasib Anas Urbaningrum menjadi isu terkuat pada forum Rampinas Partai Demokrat besok," kata Hanta Yudha pada diskusi "Polemik: Tsunami Demokrat" di Jakarta, Sabtu.

Menurut Hanta Yudha, anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat yang hadir dalam pertemuan itu akan menentukan kelanjutan posisi Anas Urbaningrum.

Hanta Yudha juga menyatakan, masalah muncul di Partai Demokrat karena kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono tidak "power full".

Sementara Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Saan Mustopa mengatakan, Rapimnas Partai Demokrat hanya untuk konsolidasi kader partai, bukan sarana untuk mendorong penggantian ketua umum.

"Rapimnas besok bukan forum kontestasi untuk memilih ketua umum baru seperti yang terjadi di kongres, tapi hanya konsolidasi kader untuk menjawab persoalan yang ada," katanya.

Anggota Komisi III DPR RI ini menegaskan bahwa sasaran utama Rapimnas adalah bagaimana mencegah turunnya elektabilitas partai dan mengembalikannya seperti semula.

(R024)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013