Jakarta (ANTARA News) - Arema Indonesia sementara unggul 2-1 atas tuan rumah Persija Jakarta hingga babak pertama berakhir dalam laga lanjutan kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu.

Dua gol untuk keunggulan Arema masing-masing dicetak oleh Keith Kayamba Gumbs pada menit ke-11 dan Beto Goncalves di menit ke-35, sementara Pedro Javier mencetak satu gol untuk Persija di menit ke-4.

Pelatih Rahmad Darmawan yang tak ingin kehilangan angka di laga kandang mereka, menurunkan duet penyerang andalan Arema Christian Gonzales dan Beto Goncalves di lini depan.

Sementara Persija juga turun dengan kekuatan penuh dan menampilkan barisan pemain andalan mereka seperti kapten Fabiano Beltrame dan Robertino Pugliara.

Tim tuan rumah berjuluk Macan Kemayoran sempat unggul terlebih dahulu di awal-awal pertandingan setelah Rahmad Afandi yang lolos dari jebakan offside berhasil menyodorkan bola untuk diceploskan Pedro Javier ke gawang lawan pada menit ke-4.

Rahmad yang lolos dari jebakan offside kemudian sempat berbenturan dengan penjaga gawang Kurnia Meiga, sayangnya kiper Arema tersebut gagal mengamankan bola.

Bola justru bergulir ke arah Rahmad yang berdiri bebas. Rahmad lalu menyodorkan bola ke mulut gawang dan disambut dengan sontekan penyerang Persija asal Paraguay, Pedro Javier.

Meski demikian, Arema tak membutuhkan waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Lima menit berselang, sebuah tendangan dari salah seorang pemain Arema di luar kotak penalti gagal diamankan dengan baik oleh Galih Sudaryono.

Bola yang jatuh di kaki Keith Kayamba Gumbs langsung dilesakkan dengan baik ke gawang tuan rumah, kedudukan menjadi imbang 1-1 bagi kedua tim.

Kedua tim bergantian membangun serangan pada menit-menit selanjutnya. Persija bahkan sempat mencetak gol melalui Rahmad Afandi namun dianulir oleh wasit karena salah seorang pemain tuan rumah dianggap sudah terlebih dahulu melakukan pelanggaran.

Petaka datang bagi Persija di sisa waktu 15 menit babak pertama saat sebuah upaya serangan Arema dari sisi kiri pertahanan tim tuan rumah mendapatkan hasil.

Hasim Kipuw melakukan umpan silang ke tengah kotak penalti yang mendapati Beto Goncalves berdiri bebas.

Kapten Persija yang lengah membiarkan Beto lepas dari kawalannya harus membayar mahal setelah penyerang berkebangsaan Brazil tersebut melesakkan bola ke gawang Galih Sudaryanto.

Pelatih Persija Iwan Setiawan segera berreaksi atas gol kedua Arema dengan memasukkan pemain tengah Anindito Wahyu untuk menambah daya gedor timnya.

Meski demikian hingga babak pertama berakhir kedudukan masih tidak berubah dengan keunggulan tim tamu 2-1 atas tuan rumah Persija Jakarta.

(G006)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013