Jakarta (ANTARA) -
Pencipta ChatGPT sekaligus CEO OpenAI Sam Altman mengatakan kehadiran chatbot ChatGPT yang dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (AI), dalam kegiatan belajar mengajar berperan dalam proses perkembangan dunia pendidikan.

"Edukasi tentu akan berubah secara dramatis mengikuti perkembangan teknologi. Itu terjadi beberapa kali sebelumnya dalam sejarah pendidikan," kata Sam saat acara Conversation with Sam Altman yang diselenggarakan KORIKA dan GDP Venture di Hotel Indonesia, Jakarta Pusat pada Rabu.

Dalam memberikan gambaran mengenai peran teknologi dalam sejarah perkembangan dunia pendidikan, Sam mencontohkan kehadiran kalkulator dan mesin pencarian (search engine) seperti Google dalam sistem pembelajaran.

Baca juga: ChatGPT dipakai terapi kesehatan mental, baik atau buruk?

Kemunculan dua teknologi tersebut menimbulkan perdebatan mengenai fungsi pelajar menghapal rumus atau berbagai fakta yang diajarkan jika mereka bisa memanfaatkan kalkulator untuk menghitung atau mencari informasi di Google.

Sam mengatakan jawaban dari perdebatan tersebut adalah merangkul teknologinya. Teknologi hadir sebagai alat baru yang dimanfaatkan oleh manusia untuk meningkatkan kemampuan, kreativitas, potensi manusia untuk membuat sesuatu yang lebih berdampak, lebih kuat, dan lebih berharga.

"Jawaban dari kasus ini dan lainnya adalah kamu merangkul teknologinya, kamu melihat ini sebagai alat baru yang dimiliki manusia. Dengan alat yang lebih baik maka kemampuan, kreativitas, dan potensi manusia akan meningkat," kata Sam.

Dengan kehadiran teknologi, menurut Sam, juga akan mempengaruhi sistem pengajaran di sekolah terkait dengan pengembangan proses berpikir pada pelajar dengan hadirnya bantuan dari teknologi seperti ChatGPT.

Sam mengatakan penerapan teknologi dalam berbagai sektor kehidupan merupakan cara manusia untuk membuat sebuah kemajuan dengan melahirkan kemampuan baru yang lebih baik.

"Ini adalah cara umat manusia mengalami kemajuan. Kita memberikan alat yang lebih baik, membangun di atas alat-alat sebelumnya, berkontribusi pada infrastruktur sosial dan orang-orang akan menghadirkan kejutan terutama dalam hal kemampuan yang lebih baik dari yang kita perkirakan,” kata Sam.

Baca juga: Charlie Brooker sempat coba ChatGPT untuk tulis cerita "Black Mirror"

Baca juga: twimbit meluncurkan Ask twimbit, alat bantu kecerdasan yang didukung oleh ChatGPT

Baca juga: G7 akan adakan pertemuan pertama mengenai aturan AI pekan depan

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023