Jakarta (ANTARA) - Sebagai seorang atlet sepak bola Indonesia, Nadeo Argawinata mengungkapkan salah satu caranya menjaga kesehatan fisik dan mental adalah dengan memiliki pola pikir yang positif.

"Mindset kita harus bagus terus. Kalau pikiran kita sudah bagus, positif, pasti yang lain-lainnya pasti mengikuti,” kata Nadeo usai konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Tak hanya itu, tentunya sebagai seorang atlet, Nadeo juga perlu menjaga pola makan. Makanan-makanan yang paling penting untuk dia konsumsi adalah protein dan makanan rendah lemak agar berat badannya tetap terjaga.

“Pasti nutrisi juga harus bagus apalagi mengingat saya adalah seorang atlet. Makanan harus sangat penting diperhatikan," kata Nadeo.

Baca juga: Nadeo Argawinata apresiasi penggunaan pesawat carter di Piala AFF 2022

Meskipun memiliki jadwal latihan dan olahraga yang padat, namun, Nadeo juga mengingatkan pentingnya istirahat bagi kesehatan fisik maupun mental. Dengan istirahat yang cukup, tentu mood (suasana batin) pun tetap terjaga sehingga dia bisa tampil dengan maksimal, terlebih saat bertanding di lapangan.

Sang atlet juga menilai penampilan perlu dijaga karena saat bermain seorang atlet juga mendapat sorotan.

"Karena penampilan yang baik, yang menarik, bisa membuat aura bisa menjadi baik juga,” Nadeo menjelaskan.

Nadeo mengaku pernah mengalami tekanan sebagai seorang atlet sepak bola. Namun, dia memiliki cara tersendiri untuk menenangkan diri ketika sedang mengalami stres.

“Tekanan pasti sangat banyak ya. Tapi, balik lagi, mindset positif sangat penting sekali. Karena di sini lawan kita bukan cuma diri sendiri. Jadi, ya harus mengkalkulasi, ini yang harus didengerin dan ini yang tidak,” tutur Nadeo.

Untuk menjaga pola pikir dari stres, Nadeo mengatakan salah satu kegiatan yang dia lakukan adalah bermain bersama anak. Selain itu, Nadeo juga mengaku gemar membaca buku sebagai hiburannya.

“Saya suka untuk pengetahuan dan juga healing mental juga kan. Untuk tidak stres menghadapi hidup. Jadi, daripada berbuat hal-hal yang negatif, lebih baik membaca buku. Saya juga suka nonton tv, nonton film dan main game sih,” kata Nadeo.

Baca juga: Nadeo Argawinata diguyur bonus usai tampil gemilang di Piala AFF

Baca juga: KOI ingatkan atlet untuk jaga kesehatan jelang SEA Games Kamboja

Baca juga: PB ESI soroti kesehatan mental dan nutrisi bagi atlet esports


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023