Fokusnya tetap sinergi untuk pertumbuhan ekonomi dan pencegahan inflasi...
Batam (ANTARA) - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) membahas pencegahan inflasi dan pertumbuhan ekonomi dalam Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Raker Komwil) I yang dilaksanakan di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya di Batam, Rabu, mengatakan dengan adanya pelaksanaan Raker Komwil I APEKSI yang melibatkan sebanyak 24 pemerintah kota (pemkot), maka masing-masing pemkot dapat saling bertukar informasi terhadap potensi yang dimiliki daerah masing-masing.

"Fokusnya tetap sinergi untuk pertumbuhan ekonomi dan pencegahan inflasi, dan kami senang sekali pas di Batam karena kami disuguhkan contoh yang sangat baik dari Wali Kota Batam," kata Bima.

Raker Komwil I APEKSI ini diikuti 24 pemkot yang berada di lima provinsi di wilayah Sumatera, diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepri. Kegiatan tersebut berlangsung pada 13-15 Juni 2023.

Baca juga: Bank Indonesia ajak para wali kota bersinergi atasi inflasi

Dalam raker tersebut juga dilaksanakan penandatanganan kerja sama antar daerah.

"Ada satu hal yang berbeda dengan raker di tempat lain yaitu penandatanganan kerja sama antar kota. Jadi kita tidak perlu jauh-jauh keluar. Jadi 24 kota di sini bekerja sama dan saling bertukar potensi," ujar Bima Arya.

Sementara itu Ketua Komwil I APEKSI Bobby Nasution menyampaikan seluruh pemkot dapat memanfaatkan momentum untuk menyampaikan keunggulan serta potensi yang dimiliki daerah masing-masing. Hal ini sebagai upaya untuk saling membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama terhadap pasokan pangan.

"Raker Komwil ini adalah peluang yang sudah ditandatangani dan kita lihat daerah mana saja yang komoditi-komoditi contohnya atau produknya yang kita butuhkan di daerah kita, dan  ada di daerah anggota Komwil I yang bisa kita kerja sama," ujar Bobby.

Baca juga: Bima Arya: Apeksi akan titipkan isu krusial kepada para capres
Baca juga: Bima Arya: masa transisi kepala daerah jelang pemilu tantangan berat


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023