Ketiganya berada dalam satu perahu dan bermaksud untuk mencari ikan di tengah laut. Namun ketiga nelayan itu belum juga kembali pulang hingga saat ini
Mataram (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Mataram melakukan pencarian tiga nelayan yang dilaporkan hilang kontak ketika sedang mencari ikan di perairan laut Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Rabu.

Kepala Kantor SAR Mataram, Lalu Wahyu Efendi, di Mataram, Rabu, menyebutkan laporan terkait tiga nelayan yang hilang kontak diduga akibat mati mesin perahu tersebut diperoleh dari warga dan pihak kepolisian.

"Ketiga nelayan tersebut, yakni Haidir Hidayat (30), Padlianto 25), dan Ahyar Rosidi (27). Semuanya berasal dari Dusun Kombang, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat," katanya.

Dari informasi yang diterima, kata dia, kejadian berawal saat ketiga nelayan itu berangkat melaut pada Jumat (9/6/) sekitar pukul 17.00 Wita, menggunakan perahu bermesin jenis perahu Cilacap.

Ketiganya berada dalam satu perahu dan bermaksud untuk mencari ikan di tengah laut. Namun ketiga nelayan itu belum juga kembali pulang hingga saat ini.

"Karena sudah beberapa hari tidak kunjung pulang melaut, akhirnya keluarga bersama warga berupaya melakukan pencarian, namun ketiganya belum ditemukan. Peristiwa tersebut kemudian dilaporkan ke kami," ujarnya.

Kantor SAR Mataram, kata Lalu Wahyu, juga mendapatkan informasi dari warga yang sempat melihat tiga orang nelayan pada Senin (12/6). Ketiga nelayan itu diduga adalah orang yang dilaporkan hilang, mereka terlihat berada di sekitar Gili Sepatang untuk mengisi bahan bakar perahu.

Karena belum mengetahui yang sebenarnya terjadi, saksi akhirnya meninggalkan ketiga warga tersebut, namun sempat menawarkan diri untuk membantu mengisi bahan bakar, tetapi tawaran bantuannya ditolak.

"Berdasarkan informasi beberapa saksi, besar kemungkinan ketiga warga tersebut masih berada di sekitar perairan Gili Sepatang, Dusun Panggang, Desa Persiapan Belongas," ujarnya.

Berdasarkan laporan tersebut, Kantor SAR Mataram memberangkatkan sebanyak 20 orang personel untuk melakukan pencarian. Mereka terdiri atas 13 orang anak buah kapal Rescue Boat 220 Mataram dan tujuh orang rescuer.

Lalu Wahyu menambahkan, pihaknya melakukan pemapelan atau penyebaran informasi kepada kapal-kapal yang melintas di sekitar perairan Kecamatan Sekotong.

"Jika menemukan tanda-tanda ketiga nelayan tersebut, diharapkan melaporkan ke Kantor SAR Mataram atau jika memungkinkan untuk memberikan pertolongan," katanya

Baca juga: Tim SAR evakuasi tiga pendaki Gunung Nokilalaki di Sulawesi Tengah
Baca juga: Satu wisatawan Jakarta belum ditemukan setelah tenggelam di Sukabumi
Baca juga: Nelayan hilang di Teluk Lande tak ditemukan usai sepekan pencarian

Pewarta: Awaludin
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023