Kupang, NTT (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar program Onboarding, Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Kreativitas Sosial (BI-PRODUKS), untuk pengembangan UMKM dalam ekosistem digital yang inklusif.

Kepala Kantor Perwakilan BI Nusa Tenggara Timur S Donny H Heatubun dalam sambutannya pada kegiatan Program Onboarding UMKM Potensial dan Unggulan BI NTT Tahun 2023 sekaligus Road to Exotic Tenun Fest 2023 di Kantor BI NTT, di Kupang, NTT, Rabu mengatakan bahwa program tersebut mendukung kebijakan pemerintah pusat, daerah, Kantor Pusat Bank Indonesia, dan pemangku kebijakan lainnya.

"Salah satu upaya pengembangan UMKM adalah mendorong agar UMKM masuk ke ekosistem digital," katanya.

Donny menjelaskan bahwa kegiatan onboarding merupakan kelanjutan dari kegiatan pelatihan UMKM dalam mendukung sektor pariwisata pada 15-16 Maret 2023 di Batu Cermin, Labuan Bajo Manggarai Barat, yang diikuti 102 UMKM.

Sebagai kontinuitas, 102 UMKM tersebut telah selesai menjalani tahapan seleksi (kurasi) untuk menjadi UMKM binaan Bank Indonesia, yang terdiri atas 14 UMKM masuk kategori potensial dan 6 UMKM masuk kategori unggulan.

Dia menjelaskan bahwa berdasar data yang diperoleh dari Kementerian Koperasi dan UKM per Desember 2022, sebanyak 20,76 juta UMKM sudah onboarding digital.

Pada 2023, ditargetkan tambahan empat juta UMKM dan pada 2024, sebanyak 30 juta UMKM diharapkan sudah onboarding digital.

Menurut dia, UMKM menjadi salah satu mesin pertumbuhan ekonomi nasional karena berkontribusi terhadap 60,51 persen produk domestik bruto (PDB) dan mampu menyerap hampir 96,92 persen dari total tenaga kerja nasional.

"Kita tengah siapkan 20 UMKM di NTT untuk onboarding di tahun 2023 dan akan hadir dalam Road to Exotic Tenun Fest 2023," katanya.

Sebanyak 20 UMKM itu selanjutnya akan diberikan pendampingan dan pada akhirnya penilaian yang dilihat dari beberapa indikator keberhasilan. Ajang Road to Exotic Tenun Fest 2023 diagendakan berlangsung pada 28 Agustus 2023.

Baca juga: BI: Pertumbuhan ekonomi NTT triwulan I ditopang permintaan domestik
Baca juga: BI fasilitasi pelatihan UMKM untuk dukung ASEAN Summit 2023
Baca juga: BI NTT subsidi tujuh komoditas pangan tekan lonjakan harga di Kupang

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023