Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo secara resmi membuka pameran terlama dan terbesar di kawasan Asia Tenggara, Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair 2023, di Jakarta International Expo (JI Expo) Kemayoran, Rabu malam.

Pembukaan resmi Jakarta Fair ditandai dengan pemukulan drum oleh Presiden Jokowi beserta jajaran, diikuti meriahnya pesta kembang api.

"Dan dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada malam hari ini secara resmi saya buka Jakarta Fair Kemayoran 2023," kata Presiden Jokowi di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Presiden Jokowi tiba di kawasan panggung utama sekitar pukul 19.10 WIB didampingi oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Presiden Jokowi yang mengenakan batik bernuansa hitam dan cokelat itu disambut oleh para tamu dan duta besar negara sahabat.

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju yang turut hadir dalam pembukaan acara, yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Hadi Tjahjanto dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran digelar selama 33 hari yang dibuka mulai 14 Juni sampai 16 Juli 2023 di Jakarta JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Marketing Director JiExpo Kemayoran Ralph Scheunemann mengatakan gelaran Jakarta Fair Kemayoran tahun ini diikuti oleh 2.500 peserta perusahaan yang terdiri dari 1.500 stan yang memamerkan berbagai produk unggulan dengan pemberian potongan harga atau diskon.

"Tenant ada 2.500 perusahaan dengan 1.500 booth, dan yang menggembirakan adalah pembagiannya itu kurang lebih adalah 60 persen pihak swasta dan 40 persen UMKM," kata Ralph dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (7/6).

General Manager PT JI Expo Oki Setiawan mengatakan harga tiket masuk Jakarta Fair tidak mengalami perubahan. Sejak tahun lalu, harga tiket masuk Jakarta Fair terbagi dua, yakni berlaku untuk pameran saja dan bundling, sudah termasuk tiket konser musik.

"Start paling murah Rp50.000 tiket konser sudah include tiket masuk Jakarta Fair," kata Oki.

Untuk mengantisipasi panjangnya antrean pembelian tiket melalui loket, kata dia, penyelenggara membuka opsi pembelian tiket daring melalui situs resmi jakartafair.co.id dan eventguide.id.

Pada gelaran Jakarta Fair 2022, acara tersebut berhasil menarik 6,9 juta pengunjung dan membukukan total transaksi hingga Rp7,3 triliun.

Baca juga: Pekan Raya Jakarta 2023 tebar tawaran makanan dan minuman harga hemat

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023