Houston (ANTARA) - Input kilang minyak mentah AS mencapai rata-rata 16,6 juta barel per hari selama pekan yang berakhir 9 Juni, 60.000 barel per hari lebih rendah dari rata-rata minggu sebelumnya, menurut laporan mingguan yang dikeluarkan oleh Badan Informasi Energi AS (EIA) pada Rabu (14/6/2023).

Kilang-kilang beroperasi pada 93,7 persen dari kapasitas operasi mereka minggu lalu, kata Laporan Data Minyak Mingguan.

Selama periode yang sama, produksi bensin naik dan produksi bahan bakar sulingan turun, masing-masing mencapai rata-rata 10,2 juta barel per hari dan 5,0 juta barel per hari.

Persediaan minyak mentah komersial AS, tidak termasuk yang ada di Cadangan Minyak Strategis, naik 7,9 juta barel dari minggu sebelumnya menjadi 467,1 juta barel, dan berada pada rata-rata lima tahun untuk tahun ini.

Total persediaan bensin motor naik 2,1 juta barel dari minggu sebelumnya dan sekitar tujuh persen di bawah rata-rata lima tahun untuk sepanjang tahun ini.

Persediaan bensin jadi dan persediaan komponen pencampur melonjak minggu lalu.

Persediaan bahan bakar sulingan naik 2,1 juta barel pekan lalu, sekitar 14 persen di bawah rata-rata lima tahun untuk tahun ini.

Persediaan propana/propilena naik 3,1 juta barel minggu lalu, sekitar 30 persen di atas rata-rata lima tahun untuk tahun ini.

Total persediaan minyak bumi komersial naik 12,1 juta barel pekan lalu.

Total produk yang dipasok selama periode empat minggu terakhir mencapai rata-rata 19,9 juta barel per hari, naik 0,8 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Selama empat minggu terakhir, produk bensin motor yang dipasok mencapai rata-rata 9,2 juta barel per hari, naik 2,4 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Produk bahan bakar distilasi yang dipasok mencapai rata-rata 3,8 juta barel per hari selama empat minggu terakhir, naik 0,8 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Produk bahan bakar jet yang dipasok turun 0,7 persen dibandingkan dengan periode empat minggu yang sama tahun lalu.


Baca juga: OPEC naikkan proyeksi permintaan minyak China untuk 2023
Baca juga: Iran-Venezuela sepakat tingkatkan perdagangan
Baca juga: Harga minyak jatuh tertekan prospek kenaikan suku bunga Fed

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023