Dewan Komisaris dan Direksi ANTAM mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dolok Robert Silaban dan Bapak Basar Simanjuntak atas dedikasi dan dukungannya kepada ANTAM
Jakarta (ANTARA) - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022 PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) merombak susunan direksi, sesuai dengan usulan keputusan dari Holding BUMN pertambangan MIND ID terkait perubahan susunan pengurus perseroan.

Dalam RUPST, telah diberhentikan dengan hormat Dolok Robert Silaban sebagai Direktur Pengembangan Usaha dan Basar Simanjuntak sebagai Direktur Sumber Daya Manusia.

"Dewan Komisaris dan Direksi ANTAM mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dolok Robert Silaban dan Bapak Basar Simanjuntak atas dedikasi dan dukungannya kepada ANTAM selama menjabat sebagai anggota Direksi ANTAM," kata Sekretaris Perusahaan ANTAM Syarif Faisal Alkadrie dalam konferensi pers RUPST ANTAM Tahun Buku 2022 di Jakarta, Kamis.

Maka dari itu, para pemegang saham menyetujui untuk mengalihkan tugas I Dewa Bagus Wirantaya, dari semula sebagai Direktur Operasi dan Produksi menjadi Direktur Pengembangan Usaha Perseroan dengan masa jabatan meneruskan sisa masa jabatan sebelumnya.

Pemegang saham juga menyetujui untuk mengangkat Hartono sebagai Direktur Operasi dan Produksi serta Achmad Ardianto sebagai Direktur Sumber Daya Manusia.

Dengan perombakan tersebut susunan pengurus Perseroan menjadi susunan dewan komisaris yang terdiri dari Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen Sutijastoto, Komisaris Independen Gumilar Rusliwa Somantri, Komisaris Independen Anang Sri Kusuwardono, Komisaris Bambang Sunarwibowo, dan Komisaris Dilo Seno Widagdo.

Kemudian, susunan direksi yang meliputi Direktur Utama Nicolas Kanter, Direktur Operasi dan Produksi Hartono, Direktur Pengembangan Usaha I Dewa Bagus Wirantaya, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Elisabeth Siahaan, serta Direktur Sumber Daya Manusia Achmad Ardianto.

Selain merombak susunan pengurus, para pemegang saham ANTAM dalam RUPST tersebut setuju untuk memberikan wewenang dan kuasa kepada MIND ID selaku Pemegang Saham Seri B terbanyak dengan terlebih dahulu berkonsultasi kepada Pemegang Saham Seri A Dwiwarna guna menetapkan besaran tantiem untuk Tahun Buku 2022 serta menetapkan honorarium, tunjangan, fasilitas dan insentif lainnya bagi anggota Dewan Komisaris untuk tahun 2023.

Pemegang saham ANTAM juga menyetujui untuk memberikan wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris dengan terlebih dahulu mendapat persetujuan tertulis MIND ID selaku Pemegang Saham Seri B terbanyak, setelah berkonsultasi dengan Pemegang Saham Seri A Dwiwarna guna menetapkan besaran tantiem untuk Tahun Buku 2022 serta menetapkan gaji, tunjangan, fasilitas dan insentif lainnya bagi Direksi untuk Tahun 2023.

Baca juga: Kejagung periksa manajer keuangan Antam terkait kasus pengelolaan emas
Baca juga: Harga emas Antam hari ini turun Rp1.000 jadi Rp1,052 juta per gram

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023