Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berjanji akan mempermudah perizinan pembangunan rumah sakit di Jakarta demi meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Makanya saya bilang ke kepala Dinas Kesehatan, siapa pun yang bangun RS kami kasih lepas," kata Ahok di Balaikota DKI, Senin.

Dia menyatakan mendukung rumah sakit yang menyediakan kamar kelas III lebih dari 75 persen. "Kalau dia bisa kasih lebih dari 75 persen, kami bisa hibahkan alat kesehatan," katanya.

Ahok melanjutkan, hingga kini hanya 85 rumah sakit Jakarta yang menerima Askes dan untuk mempermudah integrasi antar rumah sakit, pemerintah akan membangun sistem daring (online) yang akan mempermudah koordinasi rumah sakit dan pola pembayaran tagihan pasien yang menggunakan Kartu Jakarta Sehat (KJS) atau Asuransi Kesehatan (Askes).

Ahok juga mengatakan kapasitas tampung rumah sakit di Jakarta masih kurang, terutama terutama kapasitas kelas III bagi warga yang menggunakan KJS atau kartu Askes.

"Jumlah penduduk DKI Jakarta dengan RS yang ada itu tidak sesuai, kami mau mainnya di kelas III," katanya.

(dny)

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013