pembagian di dalam anjungan tersebut merupakan upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk memberdayakan dan mengembangkan UMKM di DKI Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan 5.000 pengunjung per hari dalam penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat pada 14 Juni hingga 16 Juli 2023.
 
"Dari anjungan-anjungan yang kita buat, targetnya 5.000 orang per hari selama  penyelenggaraan PRJ atau Jakarta Fair Kemayoran 2023," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Direktur Pemasaran JIExpo Kemayoran Ralph Scheunemann mengatakan gelaran Jakarta Fair Kemayoran tahun ini melibatkan peserta sebanyak 2.500 perusahaan  terdiri atas 1.500 stan yang memamerkan berbagai produk unggulan dengan memberikan potongan harga atau diskon.
 
"Tenant (penyewa) ada 2.500 perusahaan dengan 1.500 stan dan yang menggembirakan pembagian itu kurang lebih adalah 60 persen pihak swasta dan 40 persen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," kata Ralph dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (7/6).
 
Lebih jauh Agus mengatakan pembagian di dalam anjungan tersebut merupakan upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk memberdayakan dan mengembangkan UMKM di DKI Jakarta.
 
"Paling tidak kita sudah menyiapkan dan membina UMKM, kita juga memberikan stimulasi dari sisi pendanaan,  memberikan akses perbankan, kemudian juga kita membantu pemasaran seperti menyiapkan stan-stan ini," jelas Joko.
 
Lebih lanjut, Joko menyebutkan bahwa masyarakat juga bisa mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) hingga layanan Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di arena PRJ.
Pengunjung melakukan pemeriksaan kesehatan di stan Dinkes Provinsi DKI Jakarta di area Jakarta Fair, Sabtu (16/7/2022). ANTARA/Fahrul Marwansyah
 
“Bagi yang ingin mengurus perpanjangan SIM atau STNK, ada layanan Samsat di sini,” ucap Joko.
 
Joko juga mengimbau masyarakat yang datang ke PRJ untuk menjaga diri dan disiplin dalam menjaga barang bawaannya supaya tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.
 
"Tentunya kita berharap kepada masyarakat untuk menjaga diri masing-masing, kemudian dari pihak penyelenggara kami juga minta untuk  menyiapkan segala sesuatunya dalam rangka keamanan dan kenyamanan pengunjung," jelas Joko.
Baca juga: Sandiaga beberkan alasan akan sering pakai batik hijau kepada Jokowi
Baca juga: Presiden tanyakan Sandiaga soal tugas baru di PPP saat ngopi di PRJ
Baca juga: Jokowi seruput kopi di gerai Jakarta Fair bersama Ketua MK

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023