Memajukan ekonomi di Sulbar harus dilakukan bersama-sama.
Mamuju, Sulbar, 15/6 (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Zudan Arif Fakrulloh mengajak mahasiswa di daerah ini untuk ikut berperan dalam menumbuhkan ekonomi digital.

"Hal itu dapat diwujudkan dengan menggunakan peran mahasiswa melalui KKN Tematik," kata Zudan Arif Fakrulloh, saat menjadi pembicara utama pada seminar nasional ekonomi dan pembangunan daerah, di Kampus Universitas Muhammadiyah Mamuju (Unimaju), Kamis.

Pada seminar nasional yang mengangkat tema 'Konsepsi Pembangunan Ekonomi Daerah Yang Unggulan, Berkemajuan, dan Berkelanjutan' itu, juga dihadiri Rektor Universitas Muhammadiyah Mamuju Dr Muhammad Tahir serta sejumlah pejabat lingkup Pemprov Sulbar.

Selain mendorong ekonomi digital, mahasiswa juga kata Zudan Arif Fakrulloh, dapat menjadi penggerak dalam mengatasi permasalahan pembangunan di Sulbar saat ini, di antaranya masalah kemiskinan, perkawinan anak, stunting, dan angka putus sekolah masih tinggi.

Akan lebih optimal lagi, kata Penjabat Gubernur Sulbar itu, jika seluruh kampus berkolaborasi sehingga ekonomi Sulbar dapat lebih maju.

"Memajukan ekonomi di Sulbar harus dilakukan bersama-sama. Sehingga, kolaborasi seluruh kampus sangat dibutuhkan agar ekonomi Sulbar bisa lebih maju," katanya pula.

Menurutnya, memajukan perekonomian daerah maka penting melakukan pendampingan kepada masyarakat agar menerapkan digitalisasi dalam aktivitas pengembangan ekonomi.

"Teknologi informasinya harus ditumbuhkan, masyarakat agraris kita ajak ke digital, mengembangkan ekonominya secara digital," ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Apalagi, katanya pula, Sulbar dipersiapkan menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), sehingga menjadi peluang untuk mengembangkan sejumlah sektor, baik pariwisata maupun produk lokal dengan cara membangun branding.

"Ajarkan menjual secara digital. Setelah selesai KKN lanjutkan dengan menjadikan mereka desa binaan," kata Zudan Arif Fakrulloh.
Baca juga: Gubernur sebut pers miliki peran vital kawal pembangunan di Sulbar
Baca juga: Mantan Penjabat Gubernur optimis Sulbar maju dan berkembang

Pewarta: Amirullah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023