Sulbar akan berkembang pada 10 tahun ke depan, jika tata pengelolaan pemerintahannya dapat berjalan baik.
Mamuju (ANTARA) - Mantan Penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik optimis Sulbar akan maju dan berkembang pada 10 tahun ke depan.

"Sulbar akan berkembang pada 10 tahun ke depan, jika tata pengelolaan pemerintahannya dapat berjalan baik, untuk pembangunan daerah," kata, Akmal Malik, di Mamuju, Jumat.

Akmal Malik masa jabatannya telah berakhir pada 12 Mei 2023, setelah memimpin Provinsi Sulbar selama satu tahun terakhir

Akmal Malik digantikan Prof Zudan Arif Fakhrulloh SH MH sebagai Penjabat Gubernur Sulbar yang baru, setelah dilantik secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta Pusat.

Akmal Malik mengatakan, Sulbar adalah aset bangsa karena memiliki sumber daya alam yang melimpah di berbagai sektor seperti pertanian, perkebunan, perikanan dan pertambangan serta sektor lainnya.

Ia mengatakan, selama dirinya menjadi Penjabat Gubernur Sulbar telah berupaya membangun tata pemerintahan yang baik di Sulbar, agar pengelolaan sumber daya alam yang dimiliki dapat meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Menurut dia, dalam membangun Sulbar selama setahun terakhir dirinya juga mengakui banyak kelemahan dan kekurangan, sehingga memohon maaf jika pembangunan yang dilaksanakan tidak mampu memuaskan semua pihak .

Namun, Akmal Malik yang menjabat di Direktorat Jenderal Kemendagri berkomitmen akan terus membantu pembangunan Sulbar terus berkembang.

Ia mengatakan, pihaknya akan meminta Penjabat Gubernur Sulbar yang baru, guna membahas perihal yang perlu menjadi perhatian utama untuk Sulbar.

"Penjabat Gubernur Sulbar kami minta untuk menuntaskan dan menyelesaikan angka penderita stunting yang mencapai 35 persen di Sulbar, maupun kemiskinan ekstrem yang terjadi di Sulbar mencapai 2,94 persen," katanya pula.

Dia mengatakan, pembangunan ekonomi harus diutamakan di Sulbar untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kolaborasi pemerintah di Provinsi Sulbar dan kabupatennya mesti dilakukan maupun dengan seluruh pihak lainnya.
Baca juga: Gubernur: Pembangunan Plaza Karampuang untuk bangkitkan wisata Sulbar
Baca juga: Gubernur minta alumni UGM bantu pembangunan Sulbar

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023