Bandung (ANTARA) - Direktur Utama Len Industri sekaligus Direktur Holding Defence Industry Indonesia (DEFEND ID) Bobby Rasyidin mengapresiasi dukungan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto terhadap pembangunan industri pertahanan di Indonesia.

Bobby saat memberikan sambutan pada acara The 1st DEFEND ID’s Day mengatakan di era kepemimpinan Prabowo, kemajuan pembangunan ekosistem industri pertahanan tampak dari laporan keuangan DEFEND ID pada 2022 yang berhasil membukukan kontrak mencapai Rp84 triliun.

“Terbesar dan terbaik sepanjang sejarah. Tahun lalu, Rp84 triliun perolehan kontrak dan tahun ini kami mengharapkan akan mencapai Rp130 triliun. Sekali lagi, tanpa dukungan dari Kementerian Pertahanan di bawah pimpinan Bapak Menteri Pertahanan, ini sulit terwujud," kata Bobby di Hanggar PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Lebih lanjut, Bobby mengatakan DEFEND ID saat ini tengah mengejar target menjadi Top 50 Global Defence Company di tahun 2024. Adapun target tersebut, kata dia, diberikan saat peluncuran DEFEND ID oleh Presiden RI Joko Widodo pada April 2022.

“Kami di depan Presiden saat peluncuran holding DEFEND ID tahun lalu, kami ditargetkan jadi Top 50 Global Defence Company. Alhamdulillah tahun 2022 kami telah duduk di nomor 70 dunia. Insya Allah 2024 kami akan menepati janji kami jadi nomor 50 Defence Company di dunia,” ujarnya.

Dia menambahkan, pendapatan DEFEND ID tahun 2022 mencapai Rp19,7 triliun. Sementara itu, untuk pendapatan pada tahun 2023 diproyeksikan akan mencapai minimal Rp26 triliun.

“Kalau Bapak (Prabowo) berkenan, kami bisa Rp50 triliun, Pak, mohon arahannya. Sehingga, di akhir 2023 kita memastikan diri kita menjadi Top 60 Global Defense Company,” kata Bobby.

Bobby juga menyampaikan bahwa pihaknya tengah dalam progres dengan Kementerian Pertahanan terkait sejumlah kontrak strategis, seperti satelit pertahanan, kapal selam, dan kendaraan operasional.

“Tentunya, Pak, tanpa dukungan Bapak, ini akan sulit kami lakukan,” ucap dia.

Pada kesempatan itu, Menhan Prabowo hadir untuk meresmikan hari jadi DEFEND ID yang pertama dengan tema “DEFEND ID Terus Maju Wujudkan Indonesia Maju”. Prabowo turut memberi sambutan dan mengatakan industri pertahanan merupakan hal yang vital bagi bangsa Indonesia.

Baca juga: Defend ID hadir di Indo Defence 2022 Expo & Forum
Baca juga: RUPS perdana DEFEND ID, DAHANA bukukan hasil positif di tahun 2021
Baca juga: Presiden minta Defend ID wujudkan peningkatan kandungan dalam negeri

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023