Jakarta (ANTARA) — BINUS UNIVERSITY berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah untuk mendorong daya saing penanaman modal dan pertumbuhan perekonomian nasional. Komitmen ini diwujudkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Investasi/BKPM terkait dengan hilirisasi ekonomi.

Selain penandatanganan MoU, acara ini juga diisi dengan Orasi ilmiah Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam rangkaian agenda Research & Innovation Expo 2023 yang diadakan di BINUS @Alam Sutera, Kamis.

Menteri Investasi/Kepala BPKM, Bahlil Lahadalia dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Kebijakan hilirisasi untuk kemandirian dan kemajuan bangsa”, menyampaikan pentingnya hilirisasi untuk mendorong Indonesia sebagai negara berkembang menjadi negara maju di mana sinergi dengan berbagai sektor perlu dilakukan untuk mempercepat hilirisasi, salah satunya melalui sektor pendidikan.

“Sinergi dengan perguruan tinggi berkontribusi mempercepat hilirisasi melalui penguatan sumber daya manusia yang unggul dan pengembangan inovasi teknologi dan riset,” ucap Bahlil

Lebih lanjut, Bahlil mengungkapkan, negara-negara di Eropa saat ini sedang berfokus pada pemulihan pascapandemi yang membuat pertumbuhan ekonomi global melambat dan peningkatan inflasi di banyak negara.

“Saya ingin pertumbuhan ekonomi ada di daerah-daerah, tidak hanya berpusat di Jakarta. Saya mengajak para Mahasiswa untuk kembali ke daerah dan menjadi pelaku ekonomi yang handal untuk memajukan Ibu Pertiwi dalam menciptakan lapangan pekerjaan,” ungkap Bahlil

Sementara itu Rektor BINUS UNIVERSITY, Harjanto Prabowo mengatakan bahwa pihaknya senang dan menyambut baik Orasi ilmiah dan penandatangan MOU hari ini dengan Menteri Investasi/Kepala BKPM. Sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia dengan visi BINUS UNIVERSITY 2035 yang sejalan dengan tujuan pemerintah mewujudkan peningkatan daya saing penanaman modal yang mendorong pertumbuhan perekonomian nasional. 

“ Kami menyadari bahwa kontribusi penelitian, publikasi, dan komersialisasi produk penelitian sangat penting dalam mencapai visi tersebut. Penelitian, publikasi, inovasi dan komersialisasi merupakan kekuatan yang memungkinkan kita untuk berkontribusi langsung pada masyarakat dan menciptakan masa depan yang lebih baik” tutur Harjanto

Dalam rangkaian agenda Research & Innovation Expo 2023 ini Binus University juga meluncurkan aplikasi digital dengan nama “BINUS Research & Innovation Development and Global Engagement (BRIDGE),” sebagai bagian dari BINUS Science & Technology Park dan perwujudan visi dan misi BINUS 2035.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023