Ottawa (ANTARA) - Setidaknya 15 orang tewas di Provinsi Manitoba di Kanada pada Kamis (15/6) setelah truk semi trailer menabrak sebuah minibus yang membawa rombongan manula, demikian menurut keterangan polisi setempat.

Tabrakan tersebut merupakan salah satu kecelakaan lalu lintas paling mematikan dalam sejarah Kanada terkini.

Sementara itu, surat kabar Winnipeg Free Press melaporkan para korban tersebut dalam perjalanan menuju kasino setempat.

Kecelakaan terjadi di persimpangan yang menghubungkan dua jalan utama di dekat Kota Carberry di Manitoba barat daya, sekitar 170 km sebelah barat Winnipeg.

"Kami bisa memastikan bahwa sedikitnya 15 orang tewas akibat tabrakan itu," kata Ajun Komisaris Rob Hil dari kepolisian Manitoba.

Dalam sebuah wawancara televisi Hill mengatakan bahwa kecelakaan tersebut menimbulkan kesedihan mendalam di Manitoba dan seluruh Kanada, serta akan dikenang sebagai salah satu tragedi paling menyedihkan.

"Bus tersebut mengangkut 25 penumpang dan sebagian besar sudah lanjut usia," katanya.

Menurut keterangan polisi, sopir dari kedua kendaraan yang bertabrakan tersebut selamat, tetapi pihak polisi menolak untuk menjelaskan lebih jauh pihak yang bertanggung jawab atas kecelakaan maut tersebut.

Sebelumnya media lokal melaporkan bahwa kendaraan korban tersebut sebagai van, bukan bus, serta dioperasikan oleh perusahaan Handi-Transit yang mengangkut manula dan kaum disabilitas.

Canadian Broadcasting Corporation memperlihatkan sebuah foto kendaraan berukuran minibus warna putih yang terbakar. Juga diperlihatkan truk warna biru yang bagian depannya rusak.

Sementara itu Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dalam akun Twitter menyebutkan kejadian tersebut sebagai "berita yang sangat tragis."

"Saya menyampaikan duka cita mendalam kepada mereka yang kehilangan orang-orang yang mereka sayangi hari ini. Saya tidak bisa membayangkan kesedihan mereka yang kehilangan," katanya.

Perdana Menteri Negara Bagian Manitoba, Heather Stefanson juga mencuit dalam Twitter bahwa pihaknya sangat sedih mendengar kecelakaan tragis dekat Carberry.

Pada April 2016, sebanyak 16 orang tewas di Saskatchewan, setelah sebuah truk menabrak bus yang ditumpangi tim hoki junior di jalan pedesaan. Sopir truk tersebut dipenjara selama delapan tahun pada 2019.

Baca juga: Sedikitnya 16 tewas akibat tabrakan kereta di Yunani
Baca juga: Kecelakaan lalu lintas tewaskan 14 orang di Mesir

Sumber: Reuters

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023