Jakarta (ANTARA) - Kesehatan karyawan dapat menjadi faktor penentu kemajuan bisnis perusahaan, hal itu membuat Lazada Logistics bekerja sama dengan Good Doctor untuk mengadakan pemeriksaan kesehatan bagi karyawan.

"Layanan pengecekan kesehatan karyawan yang dilakukan melalui kolaborasi dengan Good Doctor menjadi inisiatif rutin di Lazada Logistics untuk memastikan para karyawan selalu terlindungi dan status kesehatan mereka bisa terus terjaga,” kata Chief Logistics Officer Lazada Indonesia Philippe Auberger, dalam siaran pers, Kamis (15/6).

Survei Kesejahteraan Global tahun 2022-2023 oleh konsultan bisnis global Aon dengan perusahaan riset pasar multinasional Ipsos menunjukkan bahwa memperbaiki faktor yang meningkatkan kesejahteraan karyawan dapat meningkatkan kinerja perusahaan sebesar 11-55 persen.

Baca juga: Tips menjaga kesehatan mata bagi karyawan yang bekerja di depan layar

Dalam survei yang dilakukan terhadap 1.100 perusahaan di 46 negara, termasuk Indonesia, sebanyak 90 persen perusahaan menyetujui bahwa investasi di bidang kesehatan merupakan strategi yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Salah satu bentuk investasi kesehatan yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan menyediakan program medical check-up (MCU) atau pemeriksaan kesehatan untuk para karyawan.

Melalui pemeriksaan kesehatan, jika ditemukan karyawan yang mengalami masalah kesehatan maka dia dapat segera ditangani sebelum penyakit semakin parah yang mengakibatkan biaya pengobatan jauh lebih besar. Sedangkan bagi perusahaan, pemberian program MCU kepada karyawan dapat menekan biaya kesehatan.

Chief Medical Officer PT Good Doctor Technology Indonesia dr. Adhiatma Gunawan mengatakan bahwa setelah karyawan melakukan pemeriksaan kesehatan, tim dokter Good Doctor atau rumah sakit rekanan Good Doctor akan menganalisis hasilnya dan memberikan saran kepada setiap orang yang sudah melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Jika diperlukan, tim dokter akan merekomendasikan tindakan kuratif preventif untuk mencegah penyakit semakin parah," ujar Adhiatma.

Selain MCU banyak program lain yang ditawarkan Good Doctor untuk meningkatkan kesehatan karyawan, meliputi kesehatan mental, penurunan berat badan, pencegahan diabetes dan penyakit kronis lainnya yang disebabkan gaya hidup tidak sehat serta berbagai program kesehatan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan mitra.

Baca juga: J&T Express vaksinasi 1.400 karyawan area Jabotabek

Baca juga: Kemensos gelar skrining kesehatan untuk lansia jalani operasi katarak

Baca juga: Dokter imbau masyarakat rutin pemeriksaan kesehatan setahun sekali

 

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023