Jakarta (ANTARA) -

Kementerian Sosial menggelar pelayanan skrining kesehatan untuk menjalani operasi katarak terhadap 277 warga lanjut usia (lansia) di RSUD Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut digelar dalam memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-27.

“Rangkaian kegiatan HLUN Ke-27 berupa skrining kesehatan untuk pelayanan operasi katarak hasil kolaborasi dengan yayasan kemanusiaan dari SCTV dan Indosiar,” ujar Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kementerian Sosial Supomo dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu.

Supomo mengatakan skrining kesehatan bagi lansia ini dilakukan pada tanggal 19, 20, dan 22 Mei 2023 untuk mengetahui apakah lansia tersebut bisa menjalani operasi katarak yang akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 Mei 2023.

Baca juga: Sentra Wyata adakan pemeriksaan gratis dan senam lansia jelang HLUN

Pada 19 Mei 2023 sebanyak 90 lansia mengikuti skrining kesehatan. Lansia ini merupakan pasien yang diusulkan oleh Puskesmas Sungai Dareh, Puskesmas Koto Baru, Puskesmas Sungai Limau, Puskesmas Silago, dan Puskesmas Gunung Medan.

Selanjutnya pada tanggal 20 Mei 2023 sebanyak 94 lansia telah menjalani skrining kesehatan dan pada tanggal 22 Mei 2023 sebanyak 93 lansia akan menjalani skrining kesehatan.

Puncak peringatan HLUN Ke-27 akan diperingati pada Senin, 29 Mei 2023, dengan rangkaian kegiatan di antaranya Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan seperti operasi katarak, pemeriksaan kesehatan dasar seperti gula darah, tekanan darah, kolesterol, asam urat, dan donor darah.

Kemudian Pemenuhan Hak Sipil seperti pembuatan e-KTP lansia, akta kelahiran, kartu keluarga, dan isbat nikah.

Baca juga: Dharmasraya Sumbar jadi tuan rumah Hari Lanjut Usai Nasional 2023

Selanjutnya Bantuan Sosial seperti bantuan permakanan bagi lansia tunggal, pemberdayaan ekonomi lansia, program sembako, program keluarga harapan, rumah sejahtera terpadu, bantuan kursi roda, kacamata, tongkat, dan walker, serta pemberian bantuan sandang dan nutrisi.

Supomo berharap pelayanan operasi katarak ini bisa menyentuh para lansia bahkan anak-anak yang juga memiliki gangguan pada mata.

“Kami berharap dengan pelayanan operasi katarak ini banyak warga bisa ikut. Selain itu, anak-anak juga boleh ikut kalau memang membutuhkan dan ada gangguan di matanya,” ujar Supomo.

HLUN diperingati setiap tanggal 29 Mei. Peringatan HLUN merupakan upaya untuk mengangkat derajat lansia sebagai potensi bagi negara dan bukan sebagai beban. HLUN diharapkan mampu menjadi pengingat bahwa negara dan masyarakat Indonesia hadir memberikan perhatian kepada lanjut usia yang dalam beberapa kasus termarginalkan.

Baca juga: Kemensos hadirkan layanan Atensi pastikan hak lansia terpenuhi

Mengambil tema "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat," acara puncak HLUN 2023 akan dilaksanakan di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, 29 Mei 2023.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023