Jakarta (ANTARA) - Sentra Wyata Guna Bandung mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis dan senam sehat lansia di sekitar kawasan sentra tersebut menjelang peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27.

Kepala Sentra Wyata Guna Bandung Iri Sapria dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu, mengatakan kegiatan HLUN menjadi momentum bagi masyarakat dan pemerintah untuk memberikan lebih banyak manfaat bagi lansia.

“Kementerian Sosial, khususnya Wyata Guna Bandung melaksanakan HLUN yang akan dipusatkan di Kabupaten Dhamasraya, Sumatera Barat. Kalau kami di Kecamatan Timpeh, ada dua desa dari rangkaian kegiatan, mulai dari Isbat nikah, pemeriksaan katarak, hingga puncaknya 29 Mei mendatang,” kata Sapria.

Baca juga: Dharmasraya Sumbar jadi tuan rumah Hari Lanjut Usai Nasional 2023

Warga lansia dari Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, antusias mengikuti gerakan sederhana yang diperagakan oleh instruktur di halaman Sentra. Sementara itu, untuk pemeriksaan kesehatan, Sentra Wyata Guna bekerja sama dengan Kelurahan Pasir Kaliki dan Puskesmas Pasirkaliki untuk memberikan layanan kepada 30 peserta lansia.

Selain layanan kesehatan dan senam, para lansia yang hadir juga menerima bantuan ATENSI (Asistensi Sosial) berupa paket sembako dan pemenuhan nutrisi. Kegiatan ini diharapkan mampu membuat lansia merasa diperhatikan.

Mak Engkoh Komariah (62), salah satu peserta kegiatan tersebut berterima kasih dengan adanya perhatian pemerintah kepada lansia seperti dirinya.

Atuh da tos teu gaduh cep abi mah (saya sudah tidak punya apa-apa), makasih sama yang di atas, sama Kemensos juga, makasih we pokona mah Alhamdulillah makasih,” kata Mak Engkoh.

Pada tahun 2023, HLUN dipusatkan di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Sebelumnya, HLUN dilaksanakan di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Baca juga: Menkes minta lansia pertahankan produktivitas dengan jaga kesehatan

Baca juga: Mensos: Lansia tunggal terbanyak ditemukan di Tasikmalaya


Kemensos menurunkan seluruh unit teknis di seluruh Indonesia untuk bersama-sama merayakan HLUN di 11 kecamatan dan satu titik acara puncak di Ibukota Kabupaten Dharmasraya.

Rangkaian HLUN sudah dimulai pada awal bulan Mei, di antaranya adalah asesmen komprehensif untuk menemukan masalah dan potensi yang dimiliki lansia di Dharmasraya.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023