"Jangan hanya menanam, ditengok, karena merawat itu yang susah,"
Semarang (ANTARA) - Polda Jawa Tengah menanami area Hutan Alam Sekunder di kawasan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jumat, di Petak 1027 yang dikelola oleh Perhutani, dengan tanaman buah jenis alpukat.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol.Ahmad Luthfi memimpin langsung kegiatan penanaman pohon dalam rangkaian peringatan HUT Ke-77 Bhayangkara tersebut bersama para pejabat utama, forum koordinasi pimpinan daerah Kabupaten Semarang, serta warga sekitar hutan tersebut.

Kapolda meminta kegiatan penanaman pohon bukan hanya seremoni belaka.

"Jangan hanya menanam, ditengok, karena merawat itu yang susah," katanya.

Ia juga meminta masyarakat dilibatkan dalam kegiatan semacam ini agar kepercayaan terhadap Polri bisa bisa terus terbangun.

Kapolda juga berharap optimalisasi Hutan Alam Sekunder ini bisa dilakukan di seluruh polres

Sementara Kepala Divisi Regional Perhutani Jawa Tengah, Ratmanto Trimahono, menyebut luasan Hutan Alam Sekunder di Desa Kawengen yang bisa dimanfaatkan untuk wisata ini mencapai 78 ha.

Menurut dia, Hutan Alam Sekunder merupakan hutan produksi yang kondisi topografinya dijadikan sebagai kawasan perlindungan.

"Di hutan alam sekunder ini tidak boleh dilakukan penebangan kayu, namun yang dibolehkan pemanfaatan hasil hutan bukan kayu," katanya.
***2***

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023